KADAR HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) DAN LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL) DALAM SERUM AYAM BROILER YANG DIBERI PROBIOTIK Lactobacilus plantarum DALAM PAKAN DI PETERNAKAN BAPAK M. SHOLIHUDDIN DESA BANYUARANG KECAMATAN NGORO KABUPATEN JOMBANG

AMINATUS ZUHRIYAH, 151611213001 (2019) KADAR HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) DAN LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL) DALAM SERUM AYAM BROILER YANG DIBERI PROBIOTIK Lactobacilus plantarum DALAM PAKAN DI PETERNAKAN BAPAK M. SHOLIHUDDIN DESA BANYUARANG KECAMATAN NGORO KABUPATEN JOMBANG. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FV.PV. 09-19 Zuh k Abstrak.pdf

Download (316kB)
[img] Text (Daftar Isi)
FV.PV. 09-19 Zuh k Daftar Isi.pdf

Download (320kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FV.PV. 09-19 Zuh k Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB)
[img] Text (Fulltext)
FV.PV. 09-19 Zuh k.pdf
Restricted to Registered users only until 16 July 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ayam ras pedaging disebut juga broiler, merupakan jenis ras unggulan hasil dari perkawinan silang, seleksi dan rekayasa genetika dari bangsa – bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi dengan tujuan produksi diambil dagingnya. Agar produksi bisa optimal, diperlukan perbaikan gizi terhadap bahan pakan yang berkualitas. Permasalahan umum yang sering terjadi dilingkungan peternak ayam adalah larangan penggunaan Anti Growth Promotor (AGP) sebagai pakan tambahan serta harga pakan yang berkualitas relatif lebih mahal. Sementara itu penggunaan pakan komersil yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol pada darah dan serum ayam. Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan manipulasi nutrisi untuk mengoptimalkan biaya pakan dengan memaksimalkan produksi. Salah satu solusi untuk meningkatkan dan menjaga produktivitas ayam adalah dengan manipulasi nutrisi untuk memaksimumkan pasokan nutrien sesuai dengan genetiknya, yaitu dengan menambahkan bahan pakan tambahan (feed addictive) berupa probiotik. Observasi ini berujuan untuk mengetahui kadar kolesterol High Density Liporotein (HDL) dan Low Density Liporotein (LDL) dalam serum ayam broiler yang pakannya telah ditambahkan probiotik Lactobacillus plantarum dalam campuran pakan dengan kadar atau jumlah yang berbeda. Metode yang digunakan untuk pengambilan data dengan pemeriksaan serum di laboratorium. Pengambilan sampel serum di lapangan (kandang) dilakukan pada ayam broiler fase finisher yang berumur 42 hari. Sampel ayam broiler diambil secara acak 3 ekor acak per satu kandang yang berbeda perlakuan di minggu keenam. Hasil observasi menunjukkan bahwa pemberian probiotik Lactobacillus plantarum dalam campuran pakan yang diberikan sampai fase finisher pada ayam broiler menunjukkan adanya kecenderungan mempengaruhi kadar High Density Lipoprotein (HDL) dengan kisaran rataan 17,6 – 23,6 mg/dl (Normal < 22 mg/dl) sedangkan kadar Low Density Lipoprotein (HDL)didapatkan kadarnya pada kisaran rataan 43,6 – 51,6 mg/dl (Normal <130 mg/dl).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.PV. 09-19 Zuh k
Uncontrolled Keywords: Broiler, Antibiotic Growth Promotor (AGP), Probiotik, Kolesterol, Lactobacillus plantarum
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Paramedik Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
AMINATUS ZUHRIYAH, 151611213001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Gandul Atik Yuliani, drh., M.Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Jul 2019 10:50
Last Modified: 16 Jul 2019 10:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85082
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item