ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN BREASTFEEDING SELF-EFFICACY DI PUSKESMAS SRESEH KABUPATEN SAMPANG

EVA DWI AGUSTIN, 131411131057 (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN BREASTFEEDING SELF-EFFICACY DI PUSKESMAS SRESEH KABUPATEN SAMPANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (78kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (61kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text
full text.pdf

Download (1MB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Breastfeeding self-efficacy adalah keyakinan diri ibu akan kemampuannya dalam menyusui. Tingkat capaian breastfeeding self-efficacy berhubungan dengan inisiasi, durasi dan keeksklusifan menyusui. Angka cakupan ASI eksklusif di Sreseh mengalami penurunan yang cukup signifikan, berdampak pada meningkatnya angka kematian bayi empat kali lipat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor yang berhubungan dengan breastfeeding self-efficacy ibu yang memiliki bayi usia 6- 12 bulan. Desain penelitian ini adalah deskriptif cross sectional. Populasinya ibu yang memiliki bayi usia 6-12 bulan. Sampel sebanyak 86 orang menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengalaman menyusui, pengamatan terhadap orang lain, persuasi verbal, kondisi fisik & emosi; serta breastfeeding self-efficacy sebagai variabel dependen. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji regresi logistik ordinal dengan tingkat signifikansi α<0,05. Hasil penelitian menunjukkan variabel independen berhubungan terhadap breastfeeding self-efficacy. Sebanyak 64% responden telah mencapai kategori tinggi dalam skala breastfeeding self-efficacy. Variabel independen mempengaruhi capaian tingkat breastfeeding self-efficacy sebesar 74,1%, sedangkan 25,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk meneliti dengan metode kualitatif untuk mengetahui lebih dalam faktor persuasi verbal yang berhubungan terhadap tingkat breastfeeding self-efficacy, serta dapat membuat rancangan intervensi untuk meningkatkan capaian breastfeeding self-efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 114/19 Agu a
Uncontrolled Keywords: ASI, breastfeeding self-efficacy
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
EVA DWI AGUSTIN, 131411131057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEsti Yunitasari, Dr. , S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2019 04:55
Last Modified: 18 Jul 2019 04:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85201
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item