PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN SALES DAN TICKETING PT. LION AIR SURABAYA

NURHIDAYANI, 049912807 E (2007) PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN SALES DAN TICKETING PT. LION AIR SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-nurhidayan-7929-b168_07-k.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-nurhidayan-7730-b168_07-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia mempunyai peran yang menentukan bagi pencapaian tujuan perusahaan, karena sumber daya manusia merupakan faktor penggerak dari keseluruhan kegiatan perusahaan. Untuk itu iklim organisasi yang terdapat dalam perusahaan perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Sales dan Ticketing PT. Lion Air Surabaya menyadari bahwa kepuasan kerja merupakan hal yang penting bagi karyawan sehingga perusahaan selayaknya memperhatikan iklim organisasi yang akan mempengaruhi kepuasan kerja karyawannya. Berdasarkan pemikiran tersebut maka dikaji lebih dalam mengenai pengaruh ikhm organisasi terhadap kepuasan karyawan, dengan tujuan penelitian sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui pengaruh yang bermakna secara simultan dari faktor-faktor iklim organisasi yang terdiri dari struktur, tanggung jawab, imbalan, resiko, kehangatan, dukungan, standar, konflik, dan identitas terhadap kepuasan karyawan Sales dan Ticketing PT. Lion Air Surabaya. 2.Untuk mengetahui pengaruh yang dominan dari kesembilan faktor iklim organisasi yang terdiri dari struktur, tanggung jawab, imbalan, resiko, kehangatan, dukungan, standar, konflik, dan identitas terhadap kepuasan kerja karyawan Sales dan Ticketing PT. Lion Air Surabaya. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh karyawan Sales dan Ticketing PT. Lion Air Surabaya yang berjumlah 45 orang, karena jumlah karyawan yang tidak terlalu besar, maka seluruhan anggota populasi dipilih sebagai sampel penelitian. Oleh karena itu studi atau penelitian ini disebut juga studi populasi atau studi sensus. Untuk menjawab permasalahan dan hipotesis, maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan alat uji regresi linier berganda. Hasil pengujian dapat disampaikan sebagai berikut: Y = -2,594 + 0,231 (X1) + 0,195 (X2) + 0,330 (X3) + 0,152 (X4) + 0,147 (X5) + 0,172 (X6) + 0,156 (X7) + 0,163 (X8) + 0,171 (X9) + e Hasil analisis dan pembukhan hipotesis dapat disimpulkan sebagai berikut : Hipotesis Pertama : Berdasarkan nilai F hitung = 30,899 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, hipotesis pertama diterima kebenarannya. Selain itu koefisien determinasi sebesar R2= 0,888, hal ini berarti bahwa Struktur (X1), Tanggung jawab (X2), Imbalan (X3), Resiko (X4), Kehangatan (X5), Dukungan (X6), Standar (X7 Konflik (X8), dan Identitas (X9) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan kerja karyawan (Y) sebesar 88,8 %. Hipotesis Kedua: Dapat diterima kebenarannya, hasil ini didasari nilai dari nilai standardized coefficient beta β3 X3 (Imbalan) = 0,306 yang mempunyai nilai terbesar diantara nilai variabel bebas lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 168/07 Nur p
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION; PERSONNEL MANAGEMENT; ORGANIZATIONAL CHANGE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
NURHIDAYANI, 049912807 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Praptini Yulianti, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 30 Oct 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 17:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8530
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item