ASTI MANGGIASIH, 040317781 (2007) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR SERVICESCAPE DAN KERAMAHAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA NIAT KONSUMEN UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI PADA FACTORY OUTLET "THE SUMMIT" SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-manggiasih-7930-b169_07-k.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-manggiasih-1.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor penting yang dapat menarik konsumen untuk berkunjung kembali ke suatu toko adalah dengan menciptakan servicescape yang menank- Empat variabel servicescape yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondisi ambien, penataan fasilitas, kebersihan, dan dekorasi interior. Sedangkan variabel keramahan karyawan merupakan strategi peritel untuk memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen. Penelitian ini meneliti pengaruh faktor-faktor servicescape dan keramahan karyawan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya pada niat konsumen untuk berkunjung kembali pada Factory Outlet The Summit Surabaya. Kepuasan konsumen atas servicescape, kepuasan konsumen atas keseluruhan experience, dan niat konsumen untuk berkunjung kembali adalah variabel tergantung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi bertahap. Regresi tahap pertama menguji pengaruh faktor-faktor servicescape terhadap kepuasan konsumen atas servicescape. Regresi tahap kedua menguji pengaruh kepuasan konsumen atas servicescape dan keramahan karyawan terhadap kepuasan konsumen atas keseluruhan experience. Regresi tahap ketiga menguji pengaruh kepuasan konsumen atas keseluruhan experience terhadap niat konsumen untuk berkunjung kembali. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh formula persamaan regresi, sebagai berikut : Yl = 0,769 + 0,123X1 + 0,021X2 + 0,092X3+ -0,015X4 + 0,574564 Y2 = 0,887 + 0,492X5 + 0,200Y1, + 0,467856 Y3 = 1,811 + 0,463Y2+0,683929 Regresi tahap pertama menghasilkan kesimpulan, variabel kondisi ambien dan kebersihan memiliki pengaruh secara, signifikan terhadap kepuasan konsumen atas servicescape. Namun variabel penataan fasilitas dan dekorasi interior tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen atas servicescape. Regresi tahap kedua menghasilkan kesimpulan, variabel kepuasan konsumen atas servicescape dan keramahan karyawan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen atas keseluruhan experience. Regresi tahap ketiga menghasilkan kesimpulan, variabel kepuasan konsumen atas keseluruhan experience memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat konsumen untuk berkunjung kembali. Koefisien determinasi Bari tiap regresi kurang dari 0,40. Artinya sumbangan pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung kurang dan 40%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Saran yang dapat dibenkan untuk Factory Outlet The Summit Surabaya yaitu selain menjaga dan meningkatkan strategi servicescape dan keramahan karyawan yang telah ada, sebaiknya Factory Outlet The Summit Surabaya juga memperhatikan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti produk dan harga. Supaya kepuasan konsumen meningkat dan tercipta niat konsumen untuk berkunjung kembali pada Factory Outlet The Summit Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 169/07 Man p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER SERVICES; CONSUMER SATISFACTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Fariddio Caesar | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2008 12:00 | ||||||
Last Modified: | 18 Jul 2017 20:10 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8531 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |