Endo Rizqon Mannait, 021011149 and Retno Indrawati and Indeswati D. (2013) Jumlah neutrofil dan keadaan status ekonomi sosial (ses) pada siswa kelompok usia 4 sampai 6 tahun dengan karies dan bebas karies. Oral Biology Dental Journal, 5 (2). pp. 30-34. ISSN 1979-8814
Text (ARTICLE)
OB-5-2-2013-07774-fp.pdf Download (192kB) |
|
Text (VALIDASI)
retno indra 23.pdf Download (391kB) |
|
Text (similarity)
26JUML1.PDF Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Neutrofil ditemukan di dalam tubuh manusia sebagai garis depan sistem pertahanan innate immunity. Neutrofil terekspresi di saliva juga, dan dapat dipakai sebagai indikator infeksi . Status ekonomi sosial memegang peranan penting pada kesehatan manusia, yang meliputi edukasi kesehatan, diet, dan lingkungan tempat tingal. Tujuan: Menganalisis bagaimana jumlah neutrofil dan status ekonomi sosial memiliki peran penting pada kelompok karies gigi dan bebas karies. Metode: Penelitian ini menggunakan sampel saliva dengan teknik passive drop, langkah kerja penelitian ini adalah sebagai berikut: neutrofil dihitungdengan terlebih dahulu dilakukan teknik hapusan dengan pewarnaan giemza, dan jumlah neutrofil per lapang pandang dihitung dibawah mikroskop cahaya dengan pembesaran 400 kali. Hasil: Kelompok bebas karies menunjukkan didominasi oleh golongan dengan keadaan status ekonomi sosial yang baik, dan jumlah neutrofil relatif normal. Namun, pada kelompok karies menunjukkan yang sebaliknya. Kesimpulan: Peningkatan jumlah neutrofil dan status ekonomi sosial dapat menjadi indikator prevalensi karies gigi.
Item Type: | Article | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | R Medicine R Medicine > RK Dentistry |
||||||||
Divisions: | 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Oral Biology | ||||||||
Creators: |
|
||||||||
Depositing User: | Rudy Febiyanto | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2019 07:36 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2019 07:36 | ||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85321 | ||||||||
Sosial Share: | |||||||||
Actions (login required)
View Item |