PENGGUNAAN COST VOLUMF-PROFIT (CVP) ANALYSIS SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BAURAN PRODUK PADA CV. CEMPAKA TULUNGAGUNG

RENY SUGIANTI, 040217602 (2006) PENGGUNAAN COST VOLUMF-PROFIT (CVP) ANALYSIS SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BAURAN PRODUK PADA CV. CEMPAKA TULUNGAGUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-sugiantire-2809-a233_06.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-sugiantire-2809-a233_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan utama perusahaan bersifat profit oriented adalah laba yang optimal maka manajemen harus menyusun perencanaan laba yang baik. Dalam rangka perencanaan laba, manajemen perlu menganalisis komponen-komponen dari perencanaan laba yang mencakup unsur penjualan, unsur biaya dan unsur laba. Perencanaan laba menjadi penentu keberhasilan proses manajemen selanjutnya sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi laba harus dianalisis dengan seksama agar menghasilkan perencanaan yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Salah satu alat yang dapat menjelaskan hubungan antara faktor-faktor yang terkait dengan laba adalah CVP analysis. CVP analysis dapat digunakan untuk menentukan volume penjualan atau pendapatan penjualan yang diperlukan untuk mencapai target laba tertentu. Perubahan biaya operasional, volume penjualan dan harga jual akan mempengaruhi perolehan laba perusahaan. Pada perusahaan yang menghasilkan multiproduct, komposisi penjualan berpengaruh pada kontribusi dari setiap segmen produk terhadap laba perusahaan. Maka harus dilakukan analisis untuk memastikan bahwa setiap produk memberikan kontribusi laba yang optimal terhadap laba perusahaan. Penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif ini dilaksanakun pada CV Cempaka Tulungagung dengan mengidentifikasi, mengelompokkan dan menganalisis biaya, penjualan (pendapatan) dan bauran produk yang terjadi pada perusahaan. Penggunaan CVP analysis menghasilkan informasi pengaruh perubahan komponen-komponen laba pada tingkat laba tertentu. Dalam pencapaian laba tahun 2006 yang merupakan kenaikkan sebesar 20% dari tahun 2005 dapat dicapai dengan menaikkan jumlah penjualan sebesar 5,34% dari tahun 2005. CVP analysis akan membantu pihak manajemen dalam menganalisis bauran produk melalui perhitungan contribution margin dan margin of safety.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 233/06 Mus p
Uncontrolled Keywords: BREAK � EVEN ANALYSIS, DECISION MAKING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RENY SUGIANTI, 040217602UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorELIA MUSTIKASARI, Dra., Msi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 10 Nov 2006 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 06:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item