NORMA KUSUMAWATI, 040214559 (2008) PENCAPAIAN CUSTOMER VALUE MELALUI PENERAPAN ACTIVITY-BASED MANAGEMENT SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PDAM KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-kusumawati-8856-a144_08-k.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-kusumawati-8746-a144_08-p-min.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Untuk dapat bertahan di lingkungan bisnis yang semakin berkembang saat ini, dipelukan adanya kemampuan manajemen perusahaan dalam melakukan continuous improvement. Perusahaan perlu memperhatikan setiap aktivitas yang dilakukan agar proses bisnisnya efektif dan biaya yang dilkeluarkan menjadi efisien. Untuk memperoleh informasi biaya yang akurat maka harus mengidentifikasi apa yang menimbulkan biaya tersebut, yaitu aktivitas, karena aktivitas bertindak sebagai faktor penyebab pengeluaran biaya dalam perusahaan. Dalam perkembanganuya terdapat system yang berdasarkan pola aktivitas yaitu Activity-Based Management (ABM). ABM memfokuskan pada pengelolran aktivitas agar dapat dilakukan perbaikan secara berkesinambungan, baik terhadap nilai yang diterima oleh pelanggan (customer value) maupun laba yang diperoleh melalui peningktan nilai tersebut. ABM dapat diterapkan pada berbagai bentuk perusahaan baik dagang, manufaktur, jasa maupun perusahaan non profit oriented. Penerapan ABM pada PDAM Banyuwangi yang merupakan perusahaan jasa pelayanan air minum dilakukan dengan mengidentifikasi aktivitas kemudian melakukan analisis untuk diklasifikasikan menjad..i aktivilas bernilai tambah (value added activity) dan aktivitas tidak bernilai tambah (non value added activity). Dari aktivitas yang tidak bernilai tambah PDAM Banyuwangi dapal mengurangi biaya sebesar Rp.115.621.040,47 dari total biaya aktivitasnya Aktivitas tidak bernilai tambah dieliminasi atau diperbaiki sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi efektif dzn efisien, sedangkan aktivitas bernilai tambah dapat dipertahankan bahkan dtingkatkan tersebut guna menciptakan produk yang memiliki kualitas dan mutu yang semakin baik sehingga loyalitas pelanggan dapat terbentuk dan meningkatnya jumlah pelanggan baru. Dengan pengurangan biaya tersebut perusahaan dapat menciptakan customer value dengan meningkatkan realisasi pelanggan antara lain meningkatkan kualitas pelayanan, menciptakan kepuasan pelanggan serta memperluas jaringan/daerah pemasaran sehingga perusahaan mempunyai keunggulan kompetitif disamping meningkatkan jumlah pendapatannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A 144/08 Kus p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR; ACTIVITY � BASED COSTING | ||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Sheli Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2009 12:00 | ||||||
Last Modified: | 21 Jun 2017 16:57 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8570 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |