ILTIZAM AL FARABI, 111511133004 (2019) HUBUNGAN ANTARA SCHOOL CLIMATE DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text
abstrak.pdf Download (30kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (26kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (55kB) |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 13 August 2022. Download (919kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara School Climate dengan Psychological Well-Being pada Siswa SMP. Definisi school climate pada penelitian ini berdasarkan penjelasan Gage & Larson (2014). Sedangkan definisi psychological well-being berdasarkan penjelasan Ryff (1989). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatoris untuk menguji korelasi antara variabel school climate dengan variabel psychological wellbeing. Penelitian ini menggunakan SMPN 1 Kebomas sebagai tempat penelitian dimana terdapat 300 siswa menjadi partisipan. Data diperoleh menggunakan metode stratifikasi random sampling dengan menggunakan kuesioner. Alat ukur school climate mengadopsi dari skripsi Muhammad Abdul Aziz Robbani (2016) yang terdiri atas 16 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,677. Sedangkan alat ukur Psychological Well-Being mengadopsi dari skripsi Alam Krisna Dinova (2016) yang terdiri atas 22 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,808. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi nonparametrik spearman rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa school climate memiliki hubungan yang signifikan dengan psychological well-being dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,508. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai positif yang berarti jika school climate semakin meningkat, maka psychological well-being juga akan semakin meningkat. Nilai signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan hubungan antar variabel yang signifikan. Koefisien korelasi yang ada sebesar 0,508 menunjukkan hubungan antar variabel yang tergolong kuat. Koefisien determinasi ( ) school climate dengan psychological well-being sebesar 25,81%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK Psi 145/19 Far h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | School Climate, Psychological Well-Being, Siswa SMP | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2019 05:01 | ||||||
Last Modified: | 13 Aug 2019 05:01 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85796 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |