TANGGUNG GUGAT PENYELENGGARA PAYMENT GATEWAY TERHADAP KONSUMEN DALAM SISTEM PEMBAYARAN ELEKTRONIK

CHAIDAR SHOFI ROSUL, 031511133160 (2019) TANGGUNG GUGAT PENYELENGGARA PAYMENT GATEWAY TERHADAP KONSUMEN DALAM SISTEM PEMBAYARAN ELEKTRONIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FH. 201-19 Ros t ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FH. 201-19 Ros t DAFTAR ISI.pdf

Download (629kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FH. 201-19 Ros t DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FH. 201-19 Ros t.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju telah menyentuh dunia bisnis keuangan sehingga transaksi pembayaran dapat dilakukan melalui internet. Payment gateway merupakan salah satu contoh teknologi yang muncul dalam sistem pembayaran elektronik. Payment gateway menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi elektronik antara lain kemudahan akses internet untuk melakukan pembayaran dan adanya pengamanan data pribadi. Akan tetapi dalam penyelenggaraannya masih terdapat risiko-risiko yang mungkin dapat terjadi. Risiko-risiko tersebut dapat menyebabkan kerugian pada konsumen sebagai pengguna jasa sistem pembayaran menggunakan payment gateway. Dengan demikian perlu untuk menganalisis hubungan hukum di antara para pihak pada penyelenggaraan jasa sistem pembayaran menggunakan payment gateway dan perlu untuk menganalisis tanggung gugat dari penyelenggara payment gateway apabila terjadi kerugian yang dialami konsumen. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach) untuk menganalisis perundang-undangan dan teori yang berhubungan dengan topik yang diangkat. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hubungan hukum antara penyelenggara payment gateway dengan konsumen tidak lahir dari perjanjian karena tidak ada perjanjian di antara kedua pihak dan hanya timbul dari ketentuan undang-undang yang mengatur mengenai kewajiban penyelenggara jasa sistem pembayaran yang di dalamnya termasuk penyelenggara payment gateway. Penyelenggara payment gateway sebagai pihak yang berkewajiban menurut undang-undang, bertanggung gugat atas kerugian yang dialami konsumen yang timbul sebagai akibat dari adanya pelanggaran terhadap ketentuan dari undang-undang. Tanggung gugat tersebut berupa ganti kerugian yang di derita konsumen dan gugatan yang dapat digunakan oleh konsumen adalah perbuatan melanggar hukum sebagai akibat tidak dijalankannya ketentuan dalam undang-undang khususnya pada ketentuan mengenai penyediaan sistem yang andal dan informasi dan data pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 201-19 Ros t
Uncontrolled Keywords: Payment Gateway, Konsumen, Penyelenggara Payment Gateway, Tanggung Gugat, Transaksi Elektronik
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
CHAIDAR SHOFI ROSUL, 031511133160UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSUJAYADI, '0024068004UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:21
Last Modified: 14 Aug 2019 04:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85820
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item