VARICHA FIDDAROINI, 111411133018 (2019) HUBUNGAN CLASSROOM CLIMATE DENGAN JENIS ACADEMIC HELP-SEEKING BEHAVIOR PADA SISWA MBI AMANATUL UMMAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text
abstrak.pdf Download (69kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (35kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (77kB) |
|
Text
full text.pdf Restricted to Registered users only until 14 August 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan classroom climate dengan jenis academic help-seeking behavior pada siswa MBI Amanatul Ummah. Classroom climate didefinisikan sebagai kondisi, pengaruh, dan rangsangan dari luar yang meliputi pengaruh fisik, sosial dan intelektual yang mempengaruhi peserta didik (Bloom 1964, dalam Hadiyanto, 2016). Sementara academic help-seeking behavior didefinisikan sebagai strategi pemecahan masalah yang memungkinkan peserta didik untuk mengatasi kesulitan akademik dengan mendapatkan bantuan dari orang lain (Gall, 1981 dalam White, 2011). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif jenis survei. Penarikan sampel menggunakan sistematic sampling dengan penghitungan menggunakan rumus Slovin diperoleh 260 siswa MBI Amanatul Ummah. Alat ukur penelitian yang digunakan ialah skala classroom climate Sari (2013) yang dimodifikas oleh penulis dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,889 dan skala academic helpseeking behavior Pajares dkk. (2004) dengan reliabilitas pada masing-masing jenisnya adalah instrumental help-seeking r = 0,799, executive help-seeking r = 0,859, avoidance convert help-seeking r = 0,804, dan pada perceived benefits of help-seeking r = 0,678. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi spearman (rho) menggunakan SPSS 24 for Windows. Hasil menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara classroom climate dengan academic help-seeking behavior jenis instrumental help-seeking adalah 0,378 yang menunjukan korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang, classroom climate dengan executive help-seeking adalah -0,132 yang menunjukan korelasi negatif dengan kekuatan korelasi lemah, classroom climate dengan avoidance convert help-seeking adalah -0,262 yang menunjukan korelasi negatif dengan kekuatan korelasi lemah, classroom climate dengan perceived benefits of help-seeking adalah 0,366 yang menunjukan korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK psi 157/19 Fid h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Classroom Climate, Academic Help-seeking Behavior, Instrumental Help-seeing, Executive Help-seeking, Avoidance Convert Help-seeking, Perceived Benefits of Help-seeking, Pondok Pesantren. | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2337.2-2340.8 Student financial aid | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2019 08:54 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2019 08:54 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85831 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |