KEDUDUKAN ANGGOTA KOPERASI DIDALAM RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI

CECEALIA ZEFANIA TANDIONO, S.H., 031714253022 (2019) KEDUDUKAN ANGGOTA KOPERASI DIDALAM RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (49kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (49kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (38kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 21 August 2022.

Download (674kB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Pengertian Koperasi, menurut ketentuan Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian yang dimaksud dengan Koperasi adalah : “Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.” Koperasi memiliki perangkkat organisasi yang terdiri dari Rapat Anggota, Pengurus dan Pengawas. Rapat anggota tahunan dan rapat anggota luar biasa merupakan suatu forum di mana bentuk partisipasi dari anggota koperasi dapat diwujudkan dalam pengambilan keputusan. Pada pengambilan keputusan, anggota koperasi dapat mewujudkan partisipasinya dengan cara menghadiri rapat anggota dan menggunakan hak suaranya. Pengambilan keputusan koperasi diambil berdasarkkan musyawarah untuk mencapai mufakat atau kesepakatan, apabila tidak diperoleh keputusan dengan cara musyawarah maka keputusan dilakukan berdasarkan suara terbanyak atau pemungutan suara. Pada pemungutan suara, setiap anggota mempunyai hak 1 (satu) suara dan tidak dapat diwakilkan. Namun, dewasa ini banyak koperasi yang memiliki anggota dalam jumlah ribuan yang kemudian kehadiran anggota tidak dapat seluruhnya dalam rapat anggota tahunan sehingga para anggota yang berhalangan hadir tidak dapat memberikan hak suaranya. Maka ketentuan UU Perkoperasian dan Permenkop tersebut telah bertentangan dengan prinsip demokrasi, untuk memfasilitasi ketidak hadiran rapat anggota maka beberapa jenis koperasi di Indonesia membuat ketentuan didalam anggaran dasarnya yang memperbeolehkan anggota koperasi diwakilkan oleh anggota koperasi lainnya dalam hal memberikan suaranya pada pemungutan suara. Anggota koperasi yang diwakilkan ini menggunakan surat kuasa yang menguasakan memberikan hak suaranya, suara tersebut dianggap sah dan suaranya terhitung 1 (satu).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 86/19 Tan k
Uncontrolled Keywords: Cooperative Members, Annual Member Meeting and Voting Rights
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1700-1973 Social legislation > K1701-1841 Labor law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
CECEALIA ZEFANIA TANDIONO, S.H., 031714253022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Nurwahjuni, S.H., M.H., '0030106003UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:49
Last Modified: 21 Aug 2019 07:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85997
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item