PENERAPAN ASAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PENGURUSAN PERSEROAN TERBATAS (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NO.737/PDT.G/2014/PN.SBY)

PRISILIA ANGGRAINI EVELYN TERISNO, S.H., 031714253069 (2019) PENERAPAN ASAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PENGURUSAN PERSEROAN TERBATAS (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NO.737/PDT.G/2014/PN.SBY). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (57kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (34kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 21 August 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

vGood Corporate vGovernance adalah prinsip vkorporasi vyang sehat, yang perlu diterapkan vdalam pengelolaan Perseroan, yang dilaksanakan sematamata demi menjagavkepentingan Perseroan untuk mencapai maksud dan tujuanvPerseroan. Dalam melakukan pengelolaan Perseroan sesuai maksud dan tujuan Perseroan dibebankan kepada Direksi Perseroan, sehingga Direksi dalam menjalankan tugas dan wewenangnya harus menerapkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam vGood Corporate vGovernance yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi dan Fairness. Pokok permasalahan dalam tesis ini adalah: 1. Penerapan lasas Good Corporate lGovernance lpada perbuatan lbeheeren dan lperbuatan beschikking Direksi lPerseroan Terbatas; dan 2. Penerapan asas Good Corporate lGovernance dalam kasus peningkatan modal ditempatkan dan disetor (analisis Putusan Pengadilan No.737/Pdt.G/2014/PN.Sby). Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statue approach), pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan kasus (case approach). Hasil penelitian adalah Penerapani asas Good iCorporate Governancei dalam tindakan ibeheeren dan beschikking Direksi, melahirkan suatu kewajiban bagi iDireksi dalam menjalankan tugasnya untuk bertindak iberdasarkan itikad baik dan penuh tanggung jawab. Penerapan asas Good Corporate lGovernance dalam kasus peningkatan modal ditempatkan dan disetor (analisis putusan pengadilan No.737/Pdt.G/2014/PN.Sby) Direksi PT GKM tidak menerapkan prinsip-prinsip GoodlCorporate Governance. Hal ini dilatarbelakangi oleh benturan kepentingan antara pengurus yang juga merangkap sebagai pemegang saham, akibatnya menimbulkan kerugian bagi pemegang saham saham lain. Pihak yang mengalami kerugian akibat tindakan Direksi dapat menggugat Direksi dan/atau masing-masing anggotanya yang telah menerbitkan kerugian tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 90/19 Ter p
Uncontrolled Keywords: Good Corporate vGovernance, Beheeren, Beschikking
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
PRISILIA ANGGRAINI EVELYN TERISNO, S.H., 031714253069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Widyantoro, S.H., M.H., NIDN0011086205UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:14
Last Modified: 21 Aug 2019 08:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86001
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item