PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN ATAS PERLUASAN MEREK TERHADAP CITRA MEREK INDUK (Pada Konsumen Merek Dove Di Surabaya)

SAIRAJI, 040114187E (2006) PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN ATAS PERLUASAN MEREK TERHADAP CITRA MEREK INDUK (Pada Konsumen Merek Dove Di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-sairaji-2815-b115_06.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-sairaji-2815-b115_06.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini biaya untuk meluncurkan produk baru membutuhkan biaya yang sangat besar. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan ekuitas merek dengan melakukan perluasan merek. Selain mengurangi biaya, perluasan merek juga dapat mengurangi resiko kegagalan produk baru, karena konsumen akan lebih dapat menerima produk baru dengan nama merek yang sudah merek kenal. Perluasan merek merupakan strategi yang berbahaya karena dapat merubah asosiasi merek atau merubah citra merek induk. Penelitian ini meneliti pengaruh persepsi konsumen atas perluasan merek terhadap citra merek. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah wanita yang memakai sabun dan shampo merek Dove di Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas perluasan merek terhadap citra merek induk. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Eva Martinez dan Jose M. Pina, 2003, The Negative Impact of Brand Extensions on Parent Brand Image, The Journal of Product and brand Management. Vol 12. No. 7, pp. 432-448. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kesan kualitas, kesesuaian, kesulitan proses pabrikasi, dan kesadaran merek. Sedangkan variabel tergantung dalam penelitian ini adalah citra merek induk. Dan hasil analisis, diperoleh formula persamaan regresi Y = 0,049 + 0,326 XI + 0,303 X2 + 0,210 X3 + 0,164 X4 dengan nilai koefisien determinasi disesuaikan sebesar 0,570, hal itu berarti bahwa proporsi pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung sebesar 57 %, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini sebesar 43 %. Untuk nilai uji F menunjukan nilai Fhitung sebesar 34,197 lebih besar dari Ftabel yaitu 2,4665, hal itu berarti secara simultan variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel tergantung. Nilai uji t untuk variabel X1, X2, X3 dan X4 secara parsial berpengaruh terhadap citra merek induk dengan signifikansi lebih kecil dari signifikansi yang telah ditentukan sebesar 5 %. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kesan kualitas, kesesuaian, kesulitan proses pabrikasi dan kesadaran merek secara simultan maupun secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek induk. Berdasarkan hasil penelitian ini saran untuk PT. Unilever Indonesia, ketika melakukan perluasan hendaknya juga meningkatkan kualitas produk perluasan, mempertahankan kesesuaian produk inti dengan produk perluasan merek Dove yang identik dengan moisturizing cream, meningkatkan proses pabrikasi produk perluasan, tidak hanya mengekor merek induk agar dapat diterima konsumen, dan selalu melakukan pengenal dan pengingatan kembali atau kesadaran merek Dove yang mana hal itu dapat berdampak terhadap perubahan citra merek Dove.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 115/06 Sai p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; BRAND NAME PRODUCT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SAIRAJI, 040114187EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTANTI HANDRIANA, SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 10 Nov 2006 12:00
Last Modified: 11 Sep 2016 14:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/861
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item