EKSPRESI OSTEOKALSIN PASCA PEMBERIAN SCAFFOLD HIDROKSIAPATIT DARI CANGKANG KEPITING (Portunus pelagicus) PADA SOKET PASCA PENCABUTAN GIGI MARMUT (Cavia cobaya)

GLADY CHUMAIDI, 021618076304 (2019) EKSPRESI OSTEOKALSIN PASCA PEMBERIAN SCAFFOLD HIDROKSIAPATIT DARI CANGKANG KEPITING (Portunus pelagicus) PADA SOKET PASCA PENCABUTAN GIGI MARMUT (Cavia cobaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
PPDS.PROS. 04-19 Chu e ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
PPDS.PROS. 04-19 Chu e DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PPDS.PROS. 04-19 Chu e DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PPDS.PROS. 04-19 Chu e.pdf
Restricted to Registered users only until 4 September 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Tindakan ekstraksi gigi akan mengakibatkan perubahan morfologi dan dimensi tulang alveolar yang disebut resorpsi. Salah satu tindakan pencegahan resorpsi tulang alveolar setelah tindakan ekstraksi gigi adalah melakukan preservasi soket dengan graft tulang. Osteokalsin merupakan marker pembentukan tulang. Adanya peningkatan ekpresi osteokalsin berarti terdapat peningkatan pembentukan tulang. Pemberian scaffold hidroksiapatit dari cangkang kepiting (Portunus pelagicus) diharapkan dapat meningkatkan ekspresi osteokalsin. Tujuan: untuk menganalisis peningkatan ekspresi osteokalsin pada soket pencabutan gigi yang diberi scaffold hidroksiapatit dari cangkang kepiting (Portunus pelagicus). Material dan Metode: 24 ekor Cavia cobaya yang dibagi menjadi empat kelompok, gigi insisivus kiri bawah dicabut kemudian dilakukan preservasi soket. Kelompok pertama adalah kelompok kontrol tanpa perlakuan pada soket pencabutan hari ke-7, kelompok kedua kelompok kontrol tanpa perlakuan hari ke -14, kelompok ketiga diberi scaffold hidroksiapatit dari cangkang kepiting (Portunus pelagicus) hari ke-7, dan kelompok keempat diberi scaffold hidroksiapatit dari cangkang kepiting (Portunus pelagicus) hari ke-14. Pada hari ke-7 dan 14, Cavia cobaya diterminasi dan diperiksa dengan tehnik imunohistokimia. Data penelitian dianalisis menggunakan One Way Anova dan Tukey HSD. Hasil: Terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok yang diberi scaffold hidroksiapatit dari cangkang kepiting (Portunus pelagicus. Pada hari ke-7 dan 14, kelompok yang hidroksiapatit dari cangkang kepiting (Portunus pelagicus) menunjukkan ekspresi osteokalsin tertinggi. Kesimpulan: Pemberian scaffold hidroksiapatit dari cangkang kepiting (Portunus pelagicus) mampu meningkatkan ekspresi osteokalsin pada soket pencabutan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.PROS. 04-19 Chu e
Uncontrolled Keywords: scaffold, hidroksiapatit cangkang kepiting, osteokalsin, preservasi soket, tulang alveolar.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Prosthodontics
Creators:
CreatorsNIM
GLADY CHUMAIDI, 021618076304UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMICHAEL JOSEF KRIDANTO K, '0031056301UNSPECIFIED
Thesis advisorAGUS DAHLAN, '0014086003UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:00
Last Modified: 04 Sep 2019 06:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86347
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item