ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA (Studi Kasus Yayasan Panti Yatim dan Duafa Lentera Hati Al-Hidayah)

RIZKY DWI INDYAHRINI, 041511333178 (2019) ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA (Studi Kasus Yayasan Panti Yatim dan Duafa Lentera Hati Al-Hidayah). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (45kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (38kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (51kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 10 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik penerapan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan Yayasan Lentera Hati Al-Hidayah sebagai organisasi nirlaba, serta pemahaman pentingnya laporan keuangan bagi pengurus yayasan dan pemahaman akuntansi oleh bendahara yayasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntabilitas pengelolaan Yayasan Lentera Hati Al-Hidayah berdasarkan lima dimensi akuntabilitas publik sudah cukup baik, walaupun terdapat beberapa poin dari indikator yang belum terpenuhi. Praktik transparansi pengelolaan keuangan yayasan dapat dikatakan berjalan cukup baik sesuai dengan prinsip transparansi. Kekurangan utama adalah penyajian laporan keuangan di tahun 2018 masih belum sesuai dengan SAK ETAP dan ketersediaan informasi yang dimiliki oleh yayasan belum mencakup semua informasi penting yang mungkin dibutuhkan publik. Pengurus inti yayasan sudah menyadari akan pentingnya laporan keuangan. Bendahara yayasan tidak begitu memahami mengenai pengetahuan akuntansi namun bendahara berusaha untuk memperbaiki pencatatan keuangan sesuai dengan saran auditor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 253/19 Ind a
Uncontrolled Keywords: Accountability, Transparency, Non Profit Organization, Foundation
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKY DWI INDYAHRINI, 041511333178UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Sri Ningsih., SE., MSi., Ak, '0029077602UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:17
Last Modified: 10 Sep 2019 08:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86516
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item