ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERNAL (Studi Pada : PT Sirtanio Organik Indonesia, Banyuwangi)

NURUL SUWARTINI, 041511535034 (2019) ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERNAL (Studi Pada : PT Sirtanio Organik Indonesia, Banyuwangi). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (41kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan sistem akuntansi persediaan di perusahaan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Penerapan sistem akuntansi persediaan yang baik disertai juga dengan pengendalian internal yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi persediaan dan pengendalian internal atas persediaan yang ada di PT Sirtanio Organik Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain melalui wawancara, dokumentasi, serta observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem akuntansi persediaan yang diterapkan PT Sirtanio Organik Indonesia cukup baik namun masih terdapat kelemahan. Hal ini dibuktikan dengan masih terdapat perangkapan fungsi dan tanggungjawab di bagian produksi dan bagian akuntansi. Kegiatan penghitungan fisik dilaksanakan oleh bagian produksi dan bagian akuntansi sehingga hasil kurang bisa dipertanggungjawabkan. Pengendalian internal yang diterapkan PT Sirtanio Organik Indonesia dinilai cukup memadai berdasarkan unsur-unsur pengendalian internal COSO. Namun perlu adanya peningkatan pada aktivitas pengendalian dan aktivitas pengawasan. Saran dari penelitian ini adalah penambahan karyawan agar tidak terjadi perangkapan tugas, kegiatan penghitungan fisik diselenggarakan oleh pihak yang independen serta pembentukan tim pengawas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 315/19 Suw a
Uncontrolled Keywords: Accounting Systems, Inventory, Internal Control
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NURUL SUWARTINI, 041511535034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHendarjatnoUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:30
Last Modified: 16 Sep 2019 08:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86810
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item