KESUKSESAN PEREMPUAN MENUJU KEPEMIMPINAN DAERAH: HAMBATAN DAN STRATEGI (STUDI DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE-CASE STUDY)

SINTO SUNARYO, 041517157315 (2019) KESUKSESAN PEREMPUAN MENUJU KEPEMIMPINAN DAERAH: HAMBATAN DAN STRATEGI (STUDI DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE-CASE STUDY). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Dis. EM. 02-19 Sun k ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Dis. EM. 02-19 Sun k DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dis. EM. 02-19 Sun k DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Dis. EM. 02-19 Sun k.pdf
Restricted to Registered users only until 17 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam apa yang dialami perempuan dalam pencalonan diri sebagai kepala daerah dan bagaimana perempuan berupaya mencapai posisi kepala daerah. Penelitian yang mengkaji kepemimpinan perempuan tidak hanya pada korporasi bisnis tetapi juga politik yang menyebabkan ketidakseimbangan distribusi kekuasaan, dengan perempuan sebagai minoritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan multiple-case study, dilakukan di Jawa Tengah pada tiga kabupaten yang dipimpin perempuan sebagai kepala daerah, yaitu Sragen, Grobogan, dan Klaten. Informan yang terlibat dalam penelitian ini meliputi kepala daerah, kolega, anggota DPRD, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Data dianalisis dalam beberapa tahapan, yaitu analyzing within-case data, searching for cross-case patterns, shaping hypotheses, enfolding literature, dan reaching closure. Hasil penelitian menunjukkan motivasi penghargaan dan aktualisasi diri menjadi pendorong perempuan untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah, juga adanya pengaruh role model. Di samping itu, hasil penelitian juga mengidentifikasi hambatan yang dihadapi perempuan untuk mencapai posisi pemimpin daerah, yang bersumber dari hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal mencakup keyakinan terhadap kodrat perempuan, peran ganda, emosi, dan konflik pekerjaan-keluarga. Adapun hambatan eksternal berasal dari isu personal, isu agama mengenai pemimpin perempuan, serta gender stereotype. Untuk mengatasi hambatan yang dihadapi, penelitian ini mengungkap strategi yang dilakukan perempuan, dalam bentuk penguatan personal driven mencakup motivasi, komitmen, serta karakteristik pribadi perpaduan agentic dan communal. Selain penguatan personal driven, strategi lain yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah pendekatan personal dan pengembangan jejaring.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. EM. 02-19 Sun k
Uncontrolled Keywords: agentic characteristics, communal characteristics, hambatan internal, hambatan eksternal, personal driven, pendekatan personal, jejaring
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
SINTO SUNARYO, 041517157315UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, '0021035212UNSPECIFIED
Thesis advisorDWI RATMAWATI, Dr. Hj. SE., M.ComUNSPECIFIED
Thesis advisorDIAN EKOWATI, '0008067401UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Sep 2019 05:03
Last Modified: 17 Sep 2019 05:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86871
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item