PENGARUH KEBISINGAN TERHADAP STATUS PENDENGARAN PEKERJA DI PT. KIA KERAMIK MAS PLANT GRESIK

FATIN ZUHRA, 101511133049 (2019) PENGARUH KEBISINGAN TERHADAP STATUS PENDENGARAN PEKERJA DI PT. KIA KERAMIK MAS PLANT GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
FKM 189 19 Zuh p.pdf

Download (2MB)
[img] Text (FULLTEXT)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 18 September 2022.

Download (183kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pekerja industri genteng keramik merupakan populasi yang berisiko mengalami ketulian akibat bising karena proses produksi menggunakan berbagai mesin yang menghasilkan bising. Paparan kebisingan secara terus menerus dapat mempengaruhi status pendengaran dan menyebabkan gangguan pendengaran yaitu ketulian. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kebisingan terhadap status pendengaran pekerja di PT. KIA Keramik Mas Plant Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dan analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 17 orang sebagai kelompok terpapar dan 17 orang kelompok tidak terpapar. Pengambilan data melalui pengukuran secara langsung dan kuesioner. Data dianalisis pengaruh kebisingan, umur, masa kerja dan penggunaan Alat Pelindung Telinga (APT) terhadap status pendengaran pekerja dengan uji regresi logistik dan uji regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata intensitas kebisingan pada bagian material preparation sebesar 88,5 dB dan pada bagian kantor sebesar 53 dB. Rata-rata Nilai Ambang Dengar (NAD) kelompok terpapar 31,3 dB pada telinga kiri dan 31,5 dB pada telinga kanan. Pada kelompok tidak terpapar, 22,8 dB pada telinga kiri dan 24,1 dB pada telinga kanan. Kebisingan, umur, masa kerja dan penggunaan Alat Pelindung Telinga (APT) berpengaruh terhadap status pendengaran pekerja. Secara bersamaan, kebisingan berpengaruh lebih kuat terhadap status pendengaran pekerja daripada umur, masa kerja dan penggunaan Alat Pelindung Telinga (APT) dan secara statistik bermakna (p=0,008) dengan koefisien β tertinggi (β=3,485). Saran yang diberikan pada PT. KIA Keramik Mas Plant Gresik adalah mengoptimalkan pengawasan terhadap penggunaan dan perawatan Alat Pelindung Telinga (APT) pada pekerja sehingga dapat efektif mengurangi paparan kebisingan yang diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 189/19 Zuh p
Uncontrolled Keywords: Kebisingan, status pendengaran, ketulian akibat bising
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD878-894 Special types of environment. Including soil pollution, air pollution, noise pollution
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
FATIN ZUHRA, 101511133049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho‟im Hidayat, dr., M.S., '0027115406UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Sep 2019 11:05
Last Modified: 18 Sep 2019 11:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87029
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item