PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA PROSES PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) UNTUK PERUSAHAAN PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (P3MI) MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA TOGAF ADM (STUDI KASUS: PT. BINA DINAMITA RAMA)

ILHAM DUDI ADIKARYA RAHMAD, 081511633054 (2019) PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA PROSES PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) UNTUK PERUSAHAAN PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (P3MI) MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA TOGAF ADM (STUDI KASUS: PT. BINA DINAMITA RAMA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ST.SI. 29-19 Rah p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Bina Dinamita Rama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyaluran pekerja migran Indonesia (PMI) dan bertempat di Malang, Jawa Timur. Selama ini, perusahaan belum memiliki atau memanfaatkan sistem informasi dalam aktivitas – aktivitas pada proses bisnis utama yaitu proses penempatan pekerja migran Indonesia (PMI). Pada penelitian ini, dilakukan perancangan rencana arsitektur enterprise atau enterprise architecture planning untuk dapat digunakan oleh perusahaan dalam aktivitas proses penempatan PMI. Pada penelitian ini, perencanaan aristektur enterprise dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM melalui 5 fase atau tahap. Tahap pertama adalah Preliminary Phase yang dilakukan dengan mempersiapkan data dan dokumen untuk inisiasi TOGAF ADM, yang akan menghasilkan Preliminary Documents. Tahap kedua adalah Architecture Vision yang dilakukan dengan mengidentifikasi data perusahaan, stakeholder, tujuan perancangan arsitektur enterprise perusahaan, dan visualisasi proses bisnis perusahaan dengan BPMN. Tahap ketiga adalah Business Architecture yang dilakukan dengan mengidentifikasi aktivitas dan masalah pada proses bisnis utama perusahaan, visualisasi rencana perbaikan proses bisnis dengan BPMN, dan analisis gap antara proses bisnis awal dengan rencana perbaikan proses bisnis tersebut. Tahap keempat adalah Information Systems Architecture yang dilakukan dengan merencanakan arsitektur aplikasi dan arsitektur data berupa CDM dan PDM. Tahap yang terakhir adalah Opportunities & Solutions yang dilakukan dengan membuat benefits diagram dan membuat rencana strategis implementasi arsitektur enterprise perusahaan. Konfirmasi dan evaluasi dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa cetak biru rencana arsitektur enterprise dapat diterima oleh pihak perusahaan dan dipertimbangkan untuk dapat diimplementasikan beberapa waktu ke depan. Kata Kunci: Enterprise Architecture Planning, TOGAF ADM, PMI, P3MI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI. 29/19 Rah p
Uncontrolled Keywords: Enterprise Architecture Planning, TOGAF ADM, PMI, P3MI
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Creators:
CreatorsNIM
ILHAM DUDI ADIKARYA RAHMAD, 081511633054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIra Puspitasari, 0027108402UNSPECIFIED
Thesis advisorTaufik, 0004017109UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:35
Last Modified: 19 Sep 2019 04:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87055
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item