FADHILA NUR KARTIKA, 041624353010 (2019) ANALISIS PENGARUH PERCEIVED SCARCITY TERHADAP ANTICIPATED EMOTIONS DAN DAMPAKNYA TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text
abstrak.pdf Download (104kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (167kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (256kB) |
|
Text
full text.pdf Restricted to Registered users only until 20 September 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived scarcity terhadap anticipated emotions dan dampaknya terhadap niat beli konsumen. Di samping itu, faktor-faktor lain seperti competitiveness, hedonic shopping motivation, dan need for uniqueness yang mempengaruhi hubungan antara perceived scarcity dan niat beli konsumen juga diteliti. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini akan membahas bagaimana konsumen merespon kondisi kelangkaan yang terjadi pada toko online XYZ yang merupakan salah satu toko fashion muslimah dengan pengikut Instagram paling banyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar kuesioner online dan tradisional pada 178 orang wanita yang aktif menggunakan Instagram dan pernah kehabisan saat akan membeli produk XYZ. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis AMOS. Hasil penelitian menyatakan bahwa perceived scarcity atau persepsi kelangkaan dari konsumen berpengaruh positif terhadap anticipated emotions dan niat beli. Anticipated emotions juga memiliki pengaruh positif terhadap niat beli. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi anggapan konsumen atas kelangkaan barang, maka akan semakin kuat anticipated emotions yang dirasakan. Sehingga, konsumen akan memiliki niat beli yang semakin tinggi pula. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa competitiveness dan hedonic shopping motivation memiliki peran moderasi positif, atau memperkuat hubungan antara perceived scarcity dan niat beli. Sedangkan need for uniqueness tidak memiliki peran moderasi pada penelitian ini. Selain memberikan referensi mengenai perilaku konsumen untuk akademisi, penelitian ini juga memberikan masukan tentang strategi pemasaran untuk XYZ dan merek fashion lainnya yang melakukan kegiatan jual belinya melalui social commerce.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK MM 50/19 Kar a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | perceived scarcity, anticipated emotions, competitiveness, hedonic shopping motivation, need for uniqueness, purchase intention | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2019 03:49 | ||||||
Last Modified: | 20 Sep 2019 03:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87133 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |