SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN EVALUASI KAMPANYE IKLAN PADA GOOGLE ADWAORDS MENGGUNAKAN FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

M Fairuzzuddin Zuhair, 081411231070 (2019) SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN EVALUASI KAMPANYE IKLAN PADA GOOGLE ADWAORDS MENGGUNAKAN FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK MPM 68 19 Zuh s.pdf

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI MPM 68 19 Zuh s.pdf

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA MPM 68 19 Zuh s.pdf

Download (121kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT MPM 68 19 Zuh s.pdf
Restricted to Registered users only until 22 September 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Google Adwords merupakan platform digital marketing yang menjadi trend pemasaran online. Evaluasi kinerja iklan pada google adwords sangatlah penting, karena dapat meningkatkan traffic atau pengunjung kedalam situs pengiklan. Untuk mengevaluasi kinerja iklan maka dilakukan analisa pada kampanye iklan google adwords. Kriteria dan subkriteria ditentukan menjadi suatu hierarki permasalahan guna mempermudah pengambil keputusan dalam mengevaluasi kampanye iklan. Hierarki permasalahan yang kompleks serta penilaian kriteria yang belum objektif dapat diselesaikan dengan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process. Metode tersebut merupakan pengembangan dari metode Analytical Hierarchy Process. Perbedaannya terletak pada penggunaan skala fuzzy atau Triangular Fuzzy Mean pada matriks perbandingan berpasangan. Untuk menentukan grup iklan terbaik atau grup iklan yang memiliki kinerja paling optimal maka diperlukan perhitungan Geometric Fuzzy Mean, Bobot Fuzzy, dan Global Weight. Hasil akhir dari proses tersebut adalah nilai sintesis performa yang digunakan pada penilaian data input berupa kumpulan grup iklan. Grup iklan terbaik diperoleh dari metode Center of Area yakni metode yang digunakan untuk perankingan fuzzy berdasarkan nilai Best Non-Fuzzy Performance (BNP). Nilai BNP yang diperoleh untuk grup iklan jaket adalah 0,8086. Nilai BNP yang diperoleh untuk grup iklan kaos adalah 0,7315. Nilai BNP yang diperoleh untuk grup iklan kemeja adalah 0,71343. Dan nilai BNP yang diperoleh untuk grup iklan seragam adalah 0,71343. Dari nilai BNP tersebut maka diperolah urutan grup iklan adalah grup iklan jaket, kaos, kemeja, dan seragam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 68/19 Zuh s
Uncontrolled Keywords: Sistem pendukung keputusan, Google Adwords, FAHP, AHP
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.M35 Computer science -- Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
M Fairuzzuddin Zuhair, 081411231070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAuli Damayanti, 197511072003122004UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:16
Last Modified: 24 Sep 2019 07:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87428
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item