ANTESEDEN PEMBELIAN KOMPULSIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENYESALAN KONSUMEN PADA PROMOSI KAMPANYE BELANJA ONLINE SHOPEE

BILQIS RONA PRAVYLIA, 041711223078 (2019) ANTESEDEN PEMBELIAN KOMPULSIF DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENYESALAN KONSUMEN PADA PROMOSI KAMPANYE BELANJA ONLINE SHOPEE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text (FULLTEXT)
B 226 19 Pra a.pdf
Restricted to Registered users only until 24 September 2022.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (736kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingkat pembelian belanja online di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan hingga 41% sejak tahun 2017. Shopee menjadi salah satu situs perbelanjaan online yang unggul dan menjadi nomor satu di Indonesia. Shopee dikenal dengan berbagai kampanye belanja online yang beraneka ragam hingga mnendorong masyarakat untuk terus berbelanja secara online yang berujung pada kecenderungan pembelian kompulsif. Kecenderungan pembelian kompulsif dipengaruhi beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji anteseden pembelian kompulsif pada Shopee ketika kampanye belanja online dan dampaknya pada penyesalan konsumen. Responden pada penelitian ini terdiri dari orang-orang yang pernah bertransaksi di Shopee dan mengetahui kampanye belanja online yang diadakan oleh Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menguji delapan hipotesis menggunakan analisis Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS-SEM) menggunakan software SmartPLS 3.0. Data penelitian merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan baik secara online maupun offline, dan meraih jumlah responden valid sebanyak 115 orang. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kesadaran harga berpengaruh negatif signifikan terhadap pembelian kompulsif, sedangkan nilai transaksi dan sensitivitas prestise berpengaruh positif signifikan terhadap pembelian kompulsif. Variabel pengetahuan harga-toko, sale proness, kualitas-harga, dan kesadaran merek tidak berpengaruh pada pembelian kompulsif. Penelitian dilanjutkan untuk melihat hubungan antara pembelian kompulsif dengan penyesalan konsumen, dan menghasilkan pengaruh positif yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 226/19 Pra a
Uncontrolled Keywords: kesadaran harga, pengetahuan harga-toko, nilai transaksi, sale proness, kualitas-harga, sensitivitas prestise, kesadaran merek, pembelian kompulsif, penyesalan konsumen, Shopee
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
BILQIS RONA PRAVYLIA, 041711223078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Masmira Kurniawati, SE., M.Si, NIDN: '0025037507UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:07
Last Modified: 24 Sep 2019 07:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87429
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item