PERUBAHAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT: DONALD TRUMP MELAKUKAN RENEGOSIASI KETERLIBATAN AS DALAM TRANS-PACIFIC PARTNERSHIP (TPP)

CHRISTOFORA ADELINE LIEADI, 071511233097 (2019) PERUBAHAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT: DONALD TRUMP MELAKUKAN RENEGOSIASI KETERLIBATAN AS DALAM TRANS-PACIFIC PARTNERSHIP (TPP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Jurnal_Christofora Adeline Lieadi_071511233017.pdf

Download (185kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS HI 63 19 Lie p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perjanjian perdagangan yang melibatkan negara-negara di sekitar kawasan Samudera Pasifik, yakni Trans-Pacific Partnership (TPP), menjadi salah satu cara memperluas pengaruh AS. Bergabungnya AS dalam TPP untuk melakukan strategi Pivot to Asia pada masa pemerintahan Barack Obama lantas dihentikan dengan adanya keputusan Presiden Donald Trump pada hari pertamanya menjabat sebagai presiden. Renegosiasi keterlibatan AS dalam TPP merupakan kebijakan luar negeri pertama yang dikeluarkan oleh Trump, sesuai dengan perwujudan prinsip dan kepentingan nasional yang telah ditentukan melalui Trump administration. Trump memiliki keinginan untuk mewujudkan kepentingan nasional AS melalui peningkatan hubungan bilateral dengan masing-masing negara anggota TPP. Perwujudan kepentingan nasional tersebut diwujudkan melalui berbagai upaya. Upaya yang dimaksud dapat berupa pembentukan Free Trade Agreement (FTA), negosiasi kerjasama perdagangan dengan pemimpin negara, maupun penyesuaian hambatan perdagangan dalam proses ekspor-impor. Penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan kepentingan nasional AS, dengan meningkatkan hubungan bilateral dengan Australia, Brunei, Chili, Jepang, Kanada, Malaysia, Meksiko, Peru, Selandia Baru, Singapura, dan Vietnam, belum berjalan secara signifikan dalam periode waktu 2017 hingga 2019. Namun, hubungan bilateral AS dengan masing-masing negara akan terus meningkat melalui upaya realisasi negosiasi dan pertemuan yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 63/19 Lie p
Uncontrolled Keywords: Trans-Pacific Partnership, Amerika Serikat, kebijakan luar negeri, Donald Trump, hubungan bilateral.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
CHRISTOFORA ADELINE LIEADI, 071511233097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. I. Basis Susilo, MA.,, NIDN: '0008085405UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:16
Last Modified: 26 Sep 2019 06:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87601
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item