DAMPAK PENETAPAN REGULASI ORGANISASI TERKAIT SINERGI DENGAN GRAB TERHADAP ROLE STRESS PADA DRIVER O-RENZ TAXI (Studi Kasus)

ASMARA AYU NUR ANISSA HERMAWAN PUTRI, 041311233066 (2019) DAMPAK PENETAPAN REGULASI ORGANISASI TERKAIT SINERGI DENGAN GRAB TERHADAP ROLE STRESS PADA DRIVER O-RENZ TAXI (Studi Kasus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (115kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 26 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui stres peran yang dirasakan oleh driver O-Renz Taxi sebagai dampak dari adanya himbauan perubahan regulasi terkait dengan penambahan layanan taksi berbasis daring, dimana regulasi tersebut merupakan bentuk kerjasama antar O-Renz Taxi dengan Grab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik analisa tematik. Informan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak enam orang driver O-Renz Taxi yang memiliki peran tambahan diluar peran utamanya sebagai driver. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur dan menggunakan metode exponential discriminative snowball sampling. Proses wawancara berhenti pada informan keenam karena jawaban telah mengalami kejenuhan (data saturation). Penelitian ini mengupas tentang perubahan regulasi yang ditetapkan oleh sebuah organisasi, faktor pemicu timbulnya stres peran, faktor-faktor yang menyebabkan driver O-Renz Taxi mengalami stres peran, waktu-waktu terjadinya stres peran, serta pengelolaan stres (manajemen stres). Setelah memahami bahwa perubahan regulasi berpotensi menimbulkan stres peran pada karyawan, maka dapat diketahui bahwa stres peran yang dialami oleh setiap karyawan berbeda, tergantung pada bagaimana karyawan tersebut mengorientasikan diri terkait hal-hal yang dapat memicu intensitas role stressor yang akan terjadi. Hasil penelitian ini ada empat temuan, yaitu: (1) Faktor pemicu timbulnya stres peran yang dirasakan oleh driver O-Renz Taxi terdiri dari faktor internal (motivasi dan egoisme) dan faktor eksternal (dukungan organisasi); (2) Faktor penyebab stres peran yang dirasakan driver O-Renz Taxi adalah role overload dan role conflict; (3) Driver O-Renz Taxi hanya merasakan stres pada saat menjelang deadline dan ketika tuntutan ekonomi keluarga meningkat, dimana penyebab utamanya bukan karena perubahan regulasi; (4) Manajemen stres yang dilakukan oleh driver O-Renz Taxi terdiri dari dua tindakan yaitu tindakan preventif dan coping

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 297/19 Ani d
Uncontrolled Keywords: Role stress, regulatory changes, organizational changes, stress management, stress coping
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ASMARA AYU NUR ANISSA HERMAWAN PUTRI, 041311233066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Ekowati, '0008067401UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:53
Last Modified: 26 Sep 2019 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87618
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item