PERSEPSI MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DI SURABAYA TERHADAP KEBANGKITAN TIONGKOK

REZA PUSPARANI PERTIWI, 071411231017 (2019) PERSEPSI MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DI SURABAYA TERHADAP KEBANGKITAN TIONGKOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
[JURNAL] PERSEPSI MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DI SURABAYA TERHADAP KEBANGKITAN TIONGKOK (wecompress.com).pdf

Download (909kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS HI 73 19 Per p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat etnis Tionghoa di Surabaya terhadap kebangkitan Tiongkok. Tiongkok yang dianggap sebagai raksasa Asia mampu menunjukkan eksistensinya sebagai kekuatan alternatif negara-negara lain di Asia melalui economic power. Dengan bangkitnya Tiongkok melalui pertumbuhan ekonomi yang begitu cepat mampu menimbulkan banyak persepsi dari berbagai kalangan, baik itu positif maupun negatif. Disisi lain masyarakat Tionghoa yang merupakan diaspora Tiongkok menganggap bahwa kebangkitan Tiongkok dapat membangkitkan sense of ethnic pride and legitimation. Hal tersebut berkaitan dengan memori masyarakat etnis Tionghoa yang selalu jadi kambing hitam. Kebangkitan Tiongkok juga dianggap mampu menjadi obat untuk menghilangkan pemikiran rasial dan perilaku-perilaku diskriminasi atau anti-chinese feeling masyrakat etnis Tionghoa di Surabaya. Dalam penelitian ini penulis menganalisis menggunakan teori memori kolektif dan teori persepsi yang dikaitkan dengan identitas. Kedua teori tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain, yang mana memori kolektif dapat mendukung terbentuknya persepsi individu. Data yang didapatkan penulis melalui pengambilan sampel, serta didukung oleh data arsip atau dokumen pemerintah. Namun faktanya, muncul beragam persepsi masyarakat etnis Tionghoa terhadap Tiongkok. Penelitian ini menghasilkan tiga tipe persepsi, yaitu approving, middle, dan denying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 73/19 Per p
Uncontrolled Keywords: Etnis Tionghoa, Surabaya, Diskriminasi, Sinofobia, Anti-Chinese Feeling, Ethnic Pride, Legitimasi, Identitas, Memori Kolektif, Persepsi, Kebangkitan Tiongkok.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
REZA PUSPARANI PERTIWI, 071411231017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Gede Wahyu Wicaksana, S.IP.,M.Si.,Ph.D., NIDN: '0002067907UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:55
Last Modified: 26 Sep 2019 06:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item