KEPUTUSAN ARAB SAUDI MENGUNDURKAN DIRI DARI KEANGGOTAAN TIDAK TETAP DEWAN KEAMANAN PBB TAHUN 2013

Pinky Shafira, 071211233047 (2019) KEPUTUSAN ARAB SAUDI MENGUNDURKAN DIRI DARI KEANGGOTAAN TIDAK TETAP DEWAN KEAMANAN PBB TAHUN 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS HI 74 19 Sha k.pdf
Restricted to Registered users only until 26 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
jurnal skripsi PDF - Pinky Shafira.pdf

Download (286kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Arab Saudi merupakan salah satu negara yang memiliki pengaruh besar di kawasan Timur Tengah. Salah satu kebijakan luar negeri utama Arab Saudi adalah untuk meminimalisir, bahkan mengatasi konflik yang banyak terjadi di Timur Tengah. Dengan dasar kebijakan tersebut, Arab Saudi mendaftarkan diri sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk masa jabatan tahun 2014- 2015. Akan tetapi, hanya beberapa jam setelah Arab Saudi dinyatakan berhasil mendapatkan jabatan tersebut, Menteri Luar Negeri Saud Al Faisal menyatakan bahwa Arab Saudi mengundurkan diri dari jabatan tersebut dengan alasan kurang efektifnya PBB dalam mengatasi konflik yang ada di Timur Tengah. Dari fenomena tersebut, penelitian dilakukan untuk mencari faktor-faktor yang mendasari keputusan Arab Saudi untuk mengundurkan diri. Penelitian dilakukan dengan melihat dua hal pokok, yaitu proses pembuatan kebijakan luar negeri Arab Saudi dan menilai kaitannya dengan keputusan Arab Saudi yang dinilai tidak rasional. Dari penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa keputusan Arab Saudi untuk mengundurkan diri didasari oleh dua faktor, yaitu domestic environment dimana peran agama yang kuat di pemerintahan memunculkan isu sektarianisme yang kemudian mempengaruhi international environment, yaitu hubungan Arab Saudi dengan negara lain. Hubungan antarnegara tersebut yang lantas berpengaruh dalam menjelaskan sikap Arab Saudi yang cenderung tidak rasional, didasari oleh faktorfaktor yang rasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 74/19 Sha k
Uncontrolled Keywords: Arab Saudi, Dewan Keamanan PBB, sektarianisme, rational irrationality, domestic environment, international environment
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Pinky Shafira, 071211233047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Muttaqien,SIP.,MS.Ph.d, NIDN: '0030017302UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:02
Last Modified: 26 Sep 2019 07:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87625
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item