Perlakuan Akuntansi Piutang Premi Atas Penjualan Jasa Surety Pada PT. Asuransi Kredit Indonesia (Persero) Cabang Surabaya

Tavia Nur Azizah (2019) Perlakuan Akuntansi Piutang Premi Atas Penjualan Jasa Surety Pada PT. Asuransi Kredit Indonesia (Persero) Cabang Surabaya. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FV.A.38-19 AZI P.pdf

Download (488kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FV.A.38-19 AZI P.pdf

Download (374kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FV.A.38-19 AZI P.pdf

Download (344kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FV.A.38-19 AZI P.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1. Piutang usaha/piutang premi pada PT. Asuransi Kredit Indonesia (Persero) adalah tagihan/klaim atas penyerahan jasa penjaminan dari transaksi usaha dalam bentuk imbal jasa penjaminan/service charge/premi dengan diterbitkannya sertifikat penjaminan namun belum ada pembayaran secara cash. Klasifikasi piutang usaha PT. Asuransi Kredit Indonesia dibedakan menjadi piutang usaha dan piutang lain-lain. Hal ini telah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. 2. Dasar pengakuan awal piutang premi menggunakan accrual basis telah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. 3. Piutang premi dicatat ketika polis asuransi telah diterbitkan, penghentian pengakuan piutang premi dilakukan PT. Asuransi Kredit Indonesia ketika pihak tertanggung telah membayarkan piutangnya secara cash/langsung atau pihak tertanggung/nasabah/principal telah melakukan pembatalan atas penggunaan jasa surety. 4. Proses Penyisihan piutang diperhitungkan dari tingkat kolektabilitas piutang, apabila sudah dikategorikan macet, PT. Asuransi Kredit Indonesia Cabang Surabaya mengajukan penyisihan piutang tersebut ke Kantor Pusat, apabila Kantor Pusat menyetujui, pihak Kantor Cabang Surabaya baru dapat menghapusbukukan piutang dari principal/nasabah tersebut. 5. Piutang premi disajikan dalam kelompok akun “Aset Lancar” pada Laporan Keuangan PT. Asuransi Kredit Indonesia.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.A.38/19 Azi p
Uncontrolled Keywords: Akuntansi, piutang, penjualan jasa, asuransi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Tavia Nur AzizahNIM151610613078
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNiluh Putu Dian Rosalina Handayani NarsaNIDN0002079201
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 11 Feb 2020 02:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87758
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item