UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS KONSTITUEN M MACHMUD DI KECAMATAN TANDES, BENOWO, DAN SAMBIKEREP SURABAYA MELALUI PENDEKATAN TEORI REPRESENTATIF

Nama : Ryan Wibowo H, 071211332050 (2019) UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS KONSTITUEN M MACHMUD DI KECAMATAN TANDES, BENOWO, DAN SAMBIKEREP SURABAYA MELALUI PENDEKATAN TEORI REPRESENTATIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS P 37 19 Wib u.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Ryan Wibowo H.pdf

Download (507kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Representasi merupakan bagian yang penting dalam negara demokrasi seperti Indonesia. Karena dengan representasi, suatu negara mampu menghadirkan kepentingan-kepentingan dari setiap warga negara ke dalam pemerintahan melalui wakil rakyat yang ditentukan dalam mekanisme pemilihan umum (pemilu). Studi IRE menunjukkan mayoritas wakil rakyat di Indonesia tidak menggunakan representasi substantif melainkan deskriptif, yang mengakibatkan banyak konstituen tidak ada keinginan untuk memilih lagi, atau tidak loyal terhadap wakil rakyat. Realitas di anggota legislatif di DPRD Surabaya, yaitu M Machmud mampu terpilih untuk kedua kalinya pada periode 2014-2019 dengan perolehan suara tertinggi yaitu 20.631 suara. Fokus penelitian ini adalah ingin mengetahui model representasi yang digunakan oleh M Machmud spesifik pada 3 kecamatan di Dapil 5 Surabaya, yang mampu membuat M Machmud memperoleh suara tinggi pada periode kedua. Hasil dari penelitian ini adalah M Machmud yang mampu meraih suara tinggi di 3 kecamatan, ternyata M Machmud masih menerapkan model representasi deskriptif. M Machmud mampu memberikan pemecahan masalah sesuai yang diinginkan oleh konstituen, mampu menyampaikan aspirasi konstituen dalam parlemen, membangun hubungan baik dengan konstituen, meski mayoritas hubungan masih sebatas pembangunan infrastruktur (pelaksanaan proyek). Dengan temuan data seperti itu menunjukkan bahwa representasi deskriptif memang masih sesuai dengan karakter konstituen di dapil 5 Surabaya, sehingga M Machmud mampu meningkatkan perolehan suara yang tinggi pada pemilihan di periode kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 37/19 Wib u
Uncontrolled Keywords: Representasi Politik, Hanna Pitkin, Pemilihan Umum, Wakil Rakyat, M Machmud, DPRD Surabaya
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Nama : Ryan Wibowo H, 071211332050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUcu Martanto, S. IP., M.A., NIDN: '0027037904UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:26
Last Modified: 01 Oct 2019 04:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88022
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item