PENERAPAN SYIRKAH MELALUI AKAD MUSYARAKAH KOPERASI BASMALAH DI SIDOGIRI PASURUAN

AMIRUL TAUFIQULHAKIM, 041311433050 (2019) PENERAPAN SYIRKAH MELALUI AKAD MUSYARAKAH KOPERASI BASMALAH DI SIDOGIRI PASURUAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (133kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (249kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB.EI 171-19 Tau p.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan syirkah dengan akad musyarakah yang dilakukan oleh Basmalah Sidogiri Pasuruan dengan mitranya dalam pembukaan cabang baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus secara eksplanatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung kepada informan yaitu Kepla Divisi Marketing, Kepala Divisi Keuangan, mitra toko Basmalah Surabaya, dan investor. Pengumpulan data sekunder berasal dari jurnal, buku, BPS (Badan Pusat Statistik), website Basmalah, dan literatur lainnya. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa toko Basmalah Sidogiri menerapkan syirkah inan dalam pembukaan cabang baru melalui akad musyarakah. Syirkah inan merupakan kerjasama dua belah pihak, demi menghasilkan keuntungan di masa depan. Penerapan akad musyarakah menerapkan sistem bagi hasil dari akad musyarakah dengan pembagian yaitu 65% shohibul mal (pemilik modal) dan 35% amil (pengelola). Proses pembukaan cabang baru dengan akad musyarakah adalah dengan mengajukan proposal kepada pihak Basmalah, mencari dan survei lahan, menjalin kesepakatan bagi hasil antara kedua belah pihak, pembagian keuntungan melalui RAT, dan adanya pemotongan zakat atas keuntungan yang didapat oleh para shoibul maal. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa syirkah denga akad musyarakah terdiri dari investor umum dan khusus yang memiliki porsi pembagian modal berbeda, apabila modal dalam pembukaan cabang baru dari masyarakat kurang maka pihak Basmalah akan menutup kekurangan dana tersebut, sehingga toko Basmalah memiliki 2 peran yaitu sebagai amil dan shoibul maal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI 171/19 Tau p
Uncontrolled Keywords: Business, cooperation, musharaka, profit sharing
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
AMIRUL TAUFIQULHAKIM, 041311433050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorACHSANIA HENDRATMI, NIDN: 0730127503UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:55
Last Modified: 01 Oct 2019 07:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88072
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item