Novi Anggraini, 071511633084 (2019) PENGARUH PERILAKU SCREEN READING TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN DI KALANGAN MAHASISWA DIGITAL NATIVE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FIS IIP 47 19 Ang p.pdf Restricted to Registered users only until 8 October 2022. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Novi Anggraini_071511633084_Artikel Jurnal.pdf Download (360kB) |
Abstract
Pemahaman bacaan masih menjadi permasalahan yang terjadi bagi pembaca dalam lingkungan cetak maupun non-cetak (digital). Permasalahan ini juga sering terjadi di lingkungan mahasiswa, dimana yang notabenenya hidup dalam lingkungan akademik dan dihadapkan oleh banyak bacaan baik secara cetak maupun digital. Salah satu yang sering mengalami masalah pemahaman dalam aktivitas membaca yaitu dalam lingkungan digital. Hal tersebut dikarenakan lingkungan digital memiliki banyak fitur-fitur yang dapat membuat pembaca dalam media elektronik cenderung fokusnya terpecah dan hingga saat ini akses bacaan digital lebih sering digunakan oleh kalangan mahasiswa sebagai generasi digital native. Selain itu, perubahan kebiasaan membaca dalam lingkungan yang berbeda itu pun menjadi pilihan utama bagi mereka mahasiswa yang dituntut untuk cepat menyelsaikan tugas-tugas akademiknya. Sehingga penelitian ini ingin menguji apakah terdapat pengaruh antara perilaku membaca secara digital (screen reading) terhadap pemahaman bacaan mahasiswa digital native. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan mahasiswa Universitas Airlangga sebanya 100 orang sebagai responden. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perilaku screen reading (X) terhadap pemahaman bacaan (Y), dan keduanya memiliki hubungan yang positif. Hal ini berarti, apabila perilaku screen reading tinggi maka pemahaman bacaan juga akan semakin tinggi. Begitupun sebaliknya, apabila perilaku screen reading rendah, maka pemahaman bacaan juga semakin rendah. Temuan tersebut berdasarkan hasil koefisien t hitung sebesar 9,933, sedangkan t tabel sebesar 1,987. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa t hitung H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga ada pengaruh anatara variabel X dan Y. Pengaruh tersebut merupakan pengaruh yang kuat, dengan koefisien korelasi sebesar 0,708. Sementara besarnya pengaruh variabel perilaku screen reading (X) terhadap pemahaman bacaan (Y) sebesar 50.2%, sementara sisanya 49,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS IIP 47/19 Ang p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Perilaku membaca, screen reading, pemahaman bacaan | ||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2019 01:57 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2019 01:57 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88445 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |