KORELASI LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA IKAN BANDENG (Chanos chanos), AIR, DAN SEDIMEN DI DESA SAWOHAN DAN DESA KEPETINGAN KABUPATEN SIDOARJO = CORRELATION OF HEAVY METAL PLUMBUM (Pb) IN MILK FISH (Chanos chanos), WATER, AND SEDIMENT IN SAWOHAN AND KEPETINGAN VILLAGE SIDOARJO

RONNI ISWARA, 141511133144 (2019) KORELASI LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA IKAN BANDENG (Chanos chanos), AIR, DAN SEDIMEN DI DESA SAWOHAN DAN DESA KEPETINGAN KABUPATEN SIDOARJO = CORRELATION OF HEAVY METAL PLUMBUM (Pb) IN MILK FISH (Chanos chanos), WATER, AND SEDIMENT IN SAWOHAN AND KEPETINGAN VILLAGE SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.222-19 Isw k ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK PK.BP.222-19 Isw k DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK PK.BP.222-19 Isw k DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.222-19 Isw k SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah yang memiliki potensi unggulan di sektor perikanan berupa hasil produksi udang dan ikan bandeng. Kabupaten Sidoarjo termasuk dalam 197 Kabupaten dari 33 Provinsi yang ditetapkan sebagai kawasan minapolitan. Salah satu lokasi minapolitan di Kabupaten Sidoarjo berada di Kecamatan Sedati. Masyarakat di daerah tersebut mayoritas mengandalkan pertambakan sebagai mata pencaharian. Luas lahan yang digunakan untuk kegiatan perikanan tambak di Kabupaten Sidoarjo adalah sebesar 15.069,99 Ha. Kualitas air secara umum memiliki sifat fluktuatif tergantung dengan adanya kegiatan di sekitar perairan tersebut. Kualitas air pada suatu perairan sangat mempengaruhi kehidupan biota air yang hidup di dalamnya. Pencemaran pada perairan disebabkan oleh adanya limbah rumah tangga dan limbah industri yang berada di sekitar daerah pertambakan. Limbah rumah tangga dan limbah industri yang dibuang ke badan sungai menyebabkan penurunan kualitas air. Penelitian ini menggunakan metode survey untuk mendapatkan sampel berupa ikan bandeng, air, dan sedimen di kawasan tambak Desa Sawohan dan Desa Kepetingan. Pengambilan sampel dilakukan dengaan cara acak sederhana dengan membagi pada titik tertentu. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T independen untuk membandingkan masing-masing sampel dari kedua lokasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa masing-masing sampel dari kedua lokasi terdapat perbedaan secara signifikan atau nyata (p<0,05). Hal itu disebabkan karena Desa Sawohan terletak dengan berdekatan sumber air yang tercemar oleh industri, sedangkan Desa Kepetingan terletak jauh dari sumber air yang tercemar. Nilai konsentrasi logam berat timbal pada ikan bandeng dengan nilai konsentrasi logam berat pada air tidak memiliki korelasi yang signifikan (r = konstan), sedangkan nilai konsentrasi logam berat pada ikan bandeng dengan nilai konsentrasi logam berat pada sedimen memiliki korelasi yang signifikan (r =0,003) atau (r < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.222/19 Isw k
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
RONNI ISWARA, 141511133144UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Arief, 0023086007UNSPECIFIED
Thesis advisorLaksmi Sulmartiwi, 0003027202UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:37
Last Modified: 08 Oct 2019 06:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88493
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item