RESEPSI PEMBACA MENGENAI MITOS PERNIKAHAN TERLARANG DALAM CERPEN TANDAK, MUANG SANGKAL,DAN BULAN MANDI DARAH DALAM KUMPULAN CERPENTANDAK KARYA ROYYAN JULIAN

Anggriawan Laras Sugiharto, 121411133003 (2019) RESEPSI PEMBACA MENGENAI MITOS PERNIKAHAN TERLARANG DALAM CERPEN TANDAK, MUANG SANGKAL,DAN BULAN MANDI DARAH DALAM KUMPULAN CERPENTANDAK KARYA ROYYAN JULIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fs.Bi.98-19 Sug r abstrak.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Fs.Bi.98-19 Sug r daftar isi.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Fs.Bi.98-19 Sug r daftar pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fs.Bi.98-19 Sug r.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran terkait konsep kepercayaan mitos dalam teks Muang Sangkal, Tandak, dan Bulan Mandi Darah karya Royyan Julian, yang dibarengi dengan mengetahui respon pembaca terhadap kepercayaan mitos dalam teks tersebut. peneliti menemukan bahwa pembaca cenderung menyetujui bahwa sesuatu yang berkenaan dengan mitos masih memiliki peran penting di masyarakat. Meski telah memasuki era kekinian, masyarakat umumnya masih terus memegang hal-hal yang berkaitan dengan ‘sesuatu’ atas peninggalan leluhur, salah satunya terkait pernikahan terlarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui teori resepsi sastra yang mengarah pada resepsi pembaca. Dalam hal ini, peneliti memasukkan teori Jausz tentang resepsi sebagai pemegang peranan penting dalam memaknai karya sastra. Pembaca tentunya memiliki respon tersendiri terhadap pembacaan yang dilakukan khususnya dalam membaca Muang Sangkal karya Royyan Julian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) ketiga cerpen yang terdapat dalam kumpulan cerpen Tandak memiliki persamaan sifat manusia yaitu kekhawatiran, kemarahan, dan ketidakpedulian. Ketiga unsur tersebut muncul ketika manusia mempunyai rasa ketakutan karena sesuatu hal yang tidak dijalankan sesuai amanat dari generasi terdahulu yaitu berkaitan dengan mitos atas pernikahan terlarang, 2) rasa kekhawatiran, kemarahan, dan ketidakpedulian tersebut rupanya juga menjadi bagian dari respon dari pembaca. Berkaitan dengan pernikahan terlarang yang hadir dalam kumpulan cerpen Tandak. Hal ini disebabkan, jika substansi tersebut dilanggar maka akan memberi dampak dan pengaruh yang besar bagi masyarakat lain. Dengan begitu kehadiran Tandak berikut cerita-cerita di dalamnya menjadi sebuah representasi atas kehidupan manusia, khususnya yang berkaitan dengan masyarakat Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari genre cerita atas penggambaran kehidupan sosial, yang dipadu dengan hal-hal yang berkaitan dengan mitos pun peninggalan leluhur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI 98/19 Sug r
Uncontrolled Keywords: Pernikahan Sedarah, Pernikahan Terlarang, Mitos, Pembaca
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Anggriawan Laras Sugiharto, 121411133003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Listiyono Santoso, S.S., M.Hum.,, NIDN: '0018077203UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Oct 2019 09:25
Last Modified: 08 Oct 2019 09:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88572
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item