Analisa Pengendalian Internal Sistem Informasi Akuntansi Piutang Pada Pt. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Regional Jawa Timur

Balqis Salwa Aldama (2019) Analisa Pengendalian Internal Sistem Informasi Akuntansi Piutang Pada Pt. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Regional Jawa Timur. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FV.A.99-19 ALD A.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FV.A.99-19 ALD A.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FV.A.99-19 ALD A.pdf

Download (810kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FV.A.99-19 ALD A.pdf
Restricted to Registered users only until 8 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1. Pengendalian internal yang berjalan telah disesuaikan pada kerangka pengendalian yang berlaku secara internasional atau mengikuti kerangka yang dipublikasikan oleh COSO yang meliputi lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pengawasan. Peraturan yang ada juga selalu diperbarui secara berkelanjutan dan prinsipprinsip yang dicantumkan dalam tiap faktor pengendalian internal telah dilaksanakan dengan baik. Namun, aktivitas pengendalian yang menggunakan ERP-SAP kurang berjalan dengan efektif karena hanya bisa dilakukan oleh divisi keuangan. 2. Sistem informasi akuntansi yang digunakan oleh perusahaan ini adalah penerapan ERP-SAP, namun belum berjalan secara efektif, sehingga perusahaan memiliki sistem internal untuk mengatur kegiatan operasional sendiri yang bernama Sistem Internal Control (INCO) yang sesuai dengan petunjuk pelaksanaan untuk mengintegrasikan seluruh proses bisnis perusahaan. Selain itu adanya e-procurement yang merupakan sarana pengadaan barang dan jasa di perusahaan juga mendorong adanya transparansi, efisiensi dan efektifitas kegiatan operasional serta Cash Management System (CMS) juga digunakan sebagai manajemen penerimaan dan pengeluaran kas dengan terintegrasi pada perbankan. Namun, sistem pembayaran menggunakan CMS masih belum giat dilakukan, yang berdampak pada kurang efektifnya kegiatan konfirmasi oleh pelanggan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.A.99/19 Ald a
Uncontrolled Keywords: ANALISA PENGENDALIAN INTERNAL, SISTEM INFORMASI, AKUNTANSI PIUTANG
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Balqis Salwa AldamaNIM151610613101
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWulandari Fitri EkasariNIDN0007058901
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 06 Feb 2020 04:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item