WAYANG KULIT LAKON DEWARUCI DALAM TRADISI SEDEKAH BUMI DI DUKUH KARANGAN KOTA SURABAYA: ANALISIS STRUKTUR DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT

INAYAH PUTRI HASTIKA, 121311133080C (2019) WAYANG KULIT LAKON DEWARUCI DALAM TRADISI SEDEKAH BUMI DI DUKUH KARANGAN KOTA SURABAYA: ANALISIS STRUKTUR DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fs.Bi.101-19 Has w abstrak.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Fs.Bi.101-19 Has w daftar isi.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Fs.Bi.101-19 Has w daftar pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fs.Bi.101-19 Has w.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendokumentasikan lakon wayang kulit Dewaruci dalam tradisi sedekah bumi; (2) mengungkapkan struktur lakon wayang kulit Dewaruci dalam tradisi sedekah bumi, dan (3) mengungkapkan fungsi lakon wayang kulit Dewaruci dan tradisi sedekah bumi bagi masyarakat di wilayah Dukuh Karangan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori struktural yang mengungkapkan unsur tema, tokoh, alur, dan latar cerita. Lakon Dewaruci dan tradisi sedekah bumi merupakan suatu bagian dari folklor, sehingga untuk mengungkap fungsi menggunakan teori 4 (empat) fungsi folklor. Penelitian ini dilakukan di Dukuh Karangan RW 3, Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya. Ki Dalang Haji Sugilar sebagai informan kunci lakon wayang kulit Dewaruci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan folklor bagi pengarsipan atau pendokumentasian. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu mendeskripsikan data dan menganalisisnya dengan seksama. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) pendokumentasian lakon wayang kulit Dewaruci dan disertai terjemahan; (2) struktur lakon wayang kulit Dewaruci yang terdiri atas unsur tema, tokoh dan penokohan, alur, dan latar. Alur lakon wayang kulit Dewaruci yang terdiri atas 172 kejadian dan 11 peristiwa, sedangkan motif-motif cerita dalam lakon wayang kulit Dewaruci, yaitu: belajar, mencelakai, pencarian, pertarungan, dan nasihat; (3) fungsi tradisi sedekah bumi dan lakon wayang kulit Dewaruci untuk masyarakat, yaitu: sebagai sistem proyeksi, alat pengesahan pranata dan lembaga, alat pendidikan anak, alat pemaksa atau pengontrol, dan hiburan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI 101/19 Has w
Uncontrolled Keywords: wayang kulit lakon Dewaruci, tradisi sedekah bumi, struktur, dan fungsi.
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
INAYAH PUTRI HASTIKA, 121311133080CUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Trisna Kumala Satya Dewi, Dra., MS.,, NIDN: '0028026004UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Oct 2019 07:27
Last Modified: 09 Oct 2019 07:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88636
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item