KEMAMPUAN PRODUKSI KALIMAT PENDERITA SKIZOFRENIA TIPE UNDIFFERENTIATED USIA 18-45 TAHUN DI RUMAH SAKIT JIWA MENUR SURABAYA: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

RAINYTA ANDYANA PUTRI, 121511133139 (2019) KEMAMPUAN PRODUKSI KALIMAT PENDERITA SKIZOFRENIA TIPE UNDIFFERENTIATED USIA 18-45 TAHUN DI RUMAH SAKIT JIWA MENUR SURABAYA: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fs.Bi.107-19 Put k abstrak.pdf

Download (688kB)
[img] Text
Fs.Bi.107-19 Put k daftar pustaka.pdf

Download (686kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fs.Bi.107-19 Put k.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Fs.Bi.107-19Put k daftar isi.pdf

Download (568kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kemampuan Produksi Kalimat Penderita Skizofrenia Tipe Undifferentiated Usia 18-45 Tahun di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya” ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kalimat yang diujarkan oleh penderita skizofrenia tipe undifferentiated atau tak terinci yang sedang menginjak usia antara 18 sampai 45 tahun. Penelitian ini menggunakan teori psikolinguistik dan kalimat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data dalam skripsi ini menggunakan teknik simak (observasi) dengan teknik wawancara, teknik rekam, dan teknik catat. Informan yang terdapat dalam skripsi ini terdiri dari enam, yaitu Penderita Skizofrenia yang kemudian dalam penelitian ini disebut PS1, PS2, PS3, PS4, PS5, dan PS6. Data yang diperoleh kemudian ditranskripsikan dan dianalisis berdasarkan jenis kalimat yang diujarkan. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa penderita skizofrenia tipe undifferentiated memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memproduksi kalimat. Jenis kalimat yang banyak diproduksi oleh penderita skizofrenia tipe undifferentiated adalah jenis kalimat berdasarkan isinya, yaitu kalimat tanya, jenis kalimat berdasarkan klausanya, yaitu kalimat tunggal, jenis kalimat berdasarkan sifat hubungan aktor-aksi, yaitu kalimat pasif, dan jenis kalimat berdasarkan struktur internal klausa utama, yaitu kalimat tunggal. Dua dari enam informan cenderung lebih banyak diam ketika sesi wawancara sehingga sangat sedikit jenis kalimat yang dapat diproduksi. Satu informan banyak menjawab dengan jawaban tidak tahu, dan dua informan lainnya mampu memproduksi berbagai jenis kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesehatan dari masing-masing penderita skizofrenia tipe undifferentiated dapat mempengaruhi kemampuan produksi kalimat yang diujarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI 107/19 Put k
Uncontrolled Keywords: Skizofrenia Tipe Undifferentiated, Kemampuan Produksi Kalimat, Jenis-Jenis Kalimat, Psikolingusitik.
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
RAINYTA ANDYANA PUTRI, 121511133139UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Luita Aribowo., S. S., M.A., NIDN: '0005087103UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Oct 2019 07:46
Last Modified: 09 Oct 2019 07:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88648
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item