PENGARUH BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DAN SIFAT DASAR PEKERJAAN TERHADAP KEPATUHAN IDENTIFIKASI PASIEN (Studi Di Unit Kerja Pelayanan RSU Haji Surabaya)

MULYAMININGRUM, 101511133040 (2019) PENGARUH BUDAYA KESELAMATAN PASIEN DAN SIFAT DASAR PEKERJAAN TERHADAP KEPATUHAN IDENTIFIKASI PASIEN (Studi Di Unit Kerja Pelayanan RSU Haji Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
6 ABSTRACT .pdf

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
8 DAFTAR ISI .pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20 DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (71kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.198-19 Mul p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Identifikasi pasien adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengidentifikasi pasien sebagai individu yang akan menerima pelayanan atau pengobatan dan untuk kesesuaian pelayanan atau pengobatan yang diberikan kepada individu tersebut. Berdasarkan laporan insiden keselamatan pasien RSU Haji Surabaya, terdapat 54 insiden keselamatan pasien subtipe identifikasi pasien (standar 0% atau zero accident) selama Januari 2017-Juni 2018 di unit kerja pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh budaya keselamatan pasien dan sifat dasar pekerjaan terhadap kepatuhan tenaga kesehatan dalam melaksakan identifikasi pasien di unit kerja pelayanan RSU Haji Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis observasional dengan desain cross sectional. Kuesioner disebarkan kepada 82 tenaga kesehatan yang terbagi dalam 12 unit kerja pelayanan. Variabel dependen adalah kepatuhan identifikasi pasien. Variabel independen adalah budaya keselamatan pasien ( iklim kerjasama, kepuasan kerja, persepsi pada manajemen, iklim keselamatan, kondisi pekerjaan, dan pengenalan stress) dan sifat dasar pekerjaan (prosedur kerja, kerjasama tim, interupsi kerja). Hasil penelitian ini menunjukkan faktor yang memiliki kecenderungan berpengaruh terhadap kepatuhan identifikasi pasien di unit kerja pelayanan RSU Haji Surabaya adalah faktor budaya keselamatan pasien yang meliputi iklim keselamatan dan pengenalan stress. Sementara faktor yang tidak memiliki kecenderungan berpengaruh terhadap kepatuhan identifikasi pasien di unit kerja pelayanan RSU Haji Surabaya adalah faktor budaya keselamatan pasien yang meliputi iklim kerjasama, kepuasan kerja, persepsi pada manajemen, dan kondisi pekerjaan, serta faktor sifat dasar pekerjaan yang meliputi prosedur kerja, kerjasama tim, dan interupsi kerja. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi pihak manajemen RSU Haji Surabaya untuk melakukan perbaikan terkait faktor yang cenderung berpengaruh terhadap kepatuhan identifikasi pasien di unit kerja pelayanan RSU Haji Surabaya, sehingga dapat meminimalisir insiden tersebut hingga 0 kejadian atau zero accident.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.198/19 Mul p
Uncontrolled Keywords: health worker, patient identification, patient safety incidents, work units of service
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MULYAMININGRUM, 101511133040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNYOMAN ANITA DAMAYANTI, NIDN: 0028026208UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:14
Last Modified: 10 Oct 2019 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item