IQLIMA PRATIWI, 111614253020 (2019) EFEKTIVITAS INTERVENSI MEMBACA BERSAMA DAN MENDONGENG TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DINI PADA ANAK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text
TPsi. 44-19 Pra e abstrak.pdf Download (41kB) |
|
Text
TPsi. 44-19 Pra e daftar isi.pdf Download (68kB) |
|
Text
TPsi. 44-19 Pra e daftar pustaka.pdf Download (114kB) |
|
Text (FULLTEXT)
TPsi. 44-19 Pra e.pdf Restricted to Registered users only until 11 October 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan perkembangan teknologi dan hubungan bilateral antar negara yang semakin terbuka luas pada dasarnya merupakan sebuah kesempatan yang besar bagi kemajuan pendidikan dan perekonomian untuk memasuki kancah internasional. Akan tetapi rupanya kemampuan literasi yang kurang memadai justru menjadi salah satu penghambat. Maka dari itu untuk mencegah keberlanjutan permasalahan tersebut, perlu adanya tidakan preventif pada generasi muda Indonesia merupakan para pemimpin negara di masa mendarang. Dalam upaya pencegahan tersebut perlu adanya sebuah intervensi yang bersifat menyenangkan. Hal ini dikarenakan kegiatan belajar yang membosankan, apalagi menekan psikologis anak justru dapat mereduksi perhatian bahkan minat mereka. Inervensi yang dapat meningkatkan literasi dini serta memenuhi kriteria tersebut adalah membaca bersama (shared reading) dan mendongeng. dalam pelakanaannya penelitian ini dilakukan pada 96 anak dari masing-masing tiga TK yang akan menjadi kelompok intervensi membaca bersama, mendongeng, dan kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode Experimental Pre Test - Post Test Design pada tiga kelompok. Hasil penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan Analisis statistik menggunakan Paired t-Test (analisis within group), one-way anova (analisis between group), dan effect size (untuk menentukan besar nilai dari masing-masing perbandingan pre-test dan post-test, serta perbandingan antar kelompok). Dari hasil analisis Paired t-Test ketiga kelompok memiliki tingkat korelasi yang mendekati 1, dengan masing-masing bernilai 0.818 untuk kelompok membaca bersama, 0.930 untuk kelompok mendongeng, dan 0.781 untuk kelompok kontrol. Melalui hasil analisis one-way anova diketahui bahwa pengaruh intervensi membaca besama terhadap peningkatan literasi dini diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.001<0,05 dan pengaruh intervensi mendongeng terhadap peningkatan literasi dini menunjukkan nilai signifikansi 0.004<0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa kedua intervensi tersebut sama-sama memberikan pengaruh. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan, maka dilakukan analisis effect size. Pada pre-test dan post-test kelompok intervensi membaca bersama, mendongeng, dan kontrol masing-masing diperoleh nilai Effect Size dRepeated Measures sebesar 2.912, 2.674, dan 1.398. sedangkan hasil analisis perbandingan antara kelompok membaca bersama dengan kelompok kontrol, kelompok mendongeng dengan kelompok kontrol, dan kelompok membaca bersama dengan kelompok mendongeng yagn dianalisis menggunakan effect size for mean differences of groups with unequal sample size within a pre-post-control design masing-masing diperoleh skor 0.632, 0.382, dan 0.111. Maka dapat disimpulkan bahwa intervensi membaca bersama memiliki pengaruh yang paling besar terhadap peningkatan literasi dini anak. Intervensi mendongeng memiliki pengaruh dengan urutan kedua, dan yang terakhir tanpa intervensi dari peneliti.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TPsi. 44-19 Pra e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Dini, membaca bersama (shared reading), mendongeng, anak usia dini | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2019 02:54 | ||||||
Last Modified: | 11 Oct 2019 02:54 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88829 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |