EFEKTIVITAS PELATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA REMAJA KORBAN BULLYING DI PANTI ASUHAN

DENIA MARTINI MACHDAN, S.Psi., 111414153008 (2019) EFEKTIVITAS PELATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA REMAJA KORBAN BULLYING DI PANTI ASUHAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
T.Psi.51-19 Mac e abstrak.pdf

Download (216kB)
[img] Text
T.Psi.51-19 Mac e daftar isi.pdf

Download (179kB)
[img] Text
T.Psi.51-19 Mac e daftar pustaka.pdf

Download (255kB)
[img] Text (FULLTEXT)
T.Psi.51-19 Mac e.pdf
Restricted to Registered users only until 11 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa individu yang menjadi korban bullying rentan mengalami depresi, rendah diri, kesulitan dalam hubungan interpersonal di masa dewasa dan juga rentan dalam melakukan percobaan bunuh diri (Sandri, 2015). Penelitian lain mengungkapkan bahwa karakter yang selalu dijadikan korban bullying adalah mereka yang tidak asertif dan memiliki self esteem yang rendah (Rigby, 2017). Salah satu faktor yang menyebabkan individu memiliki self esteem rendah adalah adanya hubungan yang tidak dekat dengan keluarga. Anak yang tinggal di panti asuhan adalah mereka yang tinggal terpisah dengan keluarga. Keadaan ini tidak jarang menyebabkan mereka memiliki self esteem yang rendah (Asif, 2017) dan rentan menjadi korban, sehingga perlu adanya intervensi yang dapat meningkatkan self esteem mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan asertif dalam meningkatkan self esteem pada remaja korban bullying yang tinggal di panti asuhan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah single group pretest-posttest. Kriteria subjek dalam penelitian ini adalah remaja berusia 13-18 tahun, korban bullying dan memiliki skor self esteem pada kategori sedang dan rendah. Subjek penelitian adalah anak asuh panti asuhan Aisyiyah 2 Surabaya yang berjumlah 6 orang. Instrumen yang digunakan adalah Rosenberg Self Esteem Scale yang di gunakan untuk mengukur self esteem sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan rerata skor self esteem antara sebelum dan sesudah pelatihan diberikan. Nilai sig. (2-tailed) yang didapat adalah 0.041 (< 0.05) yang berarti bahwa pelatihan asertif dapat meningkatkan self esteem pada remaja korban bullying di panti asuhan Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 T.PSI 51/ 19 Mac e
Uncontrolled Keywords: Self Esteem, Pelatihan Asertif, Bullying Daftar Pustaka, 56 (1967-2018)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
DENIA MARTINI MACHDAN, S.Psi., 111414153008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlham Nur Alfian, M.Psi,Psikologi, NIDN: '0001097603UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:55
Last Modified: 11 Oct 2019 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88849
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item