HUBUNGAN ANTARA SUBTIPE MOLEKULER DAN RESPON PATOLOGI PADA KARSINOMA PAYUDARA STADIUM III YANG MENDAPATKAN KEMOTERAPI NEOAJUVAN REGIMEN ANTRASIKLIN DI RSUD DR SOETOMO SURABAYA TAHUN 2017

DHIKA JANNATAL MA‘WA, NIM011611133191 (2019) HUBUNGAN ANTARA SUBTIPE MOLEKULER DAN RESPON PATOLOGI PADA KARSINOMA PAYUDARA STADIUM III YANG MENDAPATKAN KEMOTERAPI NEOAJUVAN REGIMEN ANTRASIKLIN DI RSUD DR SOETOMO SURABAYA TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FK.PD.121-19 Ma'w h abstrak.pdf

Download (56kB)
[img] Text
FK.PD.121-19 Ma'w h daftar isi.pdf

Download (60kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FK.PD.121-19 Ma'w h.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
FK.PD.121-19 Ma'w h daftar pustaka.pdf

Download (104kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karsinoma payudara merupakan salah satu penyakit keganasan yang memiliki angka kematian yang tinggi terutama pada wanita baik di dunia maupun di Indonesia. Subtipe molekuler dan respon patologis pasien karsinoma payudara dapat menjadi prognosis serta pemilihan terapi yang tepat untuk pasien. Sebagian besar pasien karsinoma payudara datang ke pelayanan kesehatan ketika sudah mencapai stadium tinggi karena telah muncul gejala yang mengganggu. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran pasien untuk melakukan deteksi dini. Karsinoma payudara stadium III ke atas (karsinoma payudara stadium lokal lanjut) dianjurkan diberikan kemoterapi neoajuvan. Regimen untuk kemoterapi yang menjadi standard adalah CMF diikuti CAF dan CEF. Penelitian mengenai subtipe molekuler dan respon patologi pada karsinoma payudara yang telah mendapatkan kemoterapi neoajuvan belum banyak ditemukan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara subtipe molekuler dengan respon patologi pasien karsinoma payudara stadium III yang telah mendapatkan kemoterapi neoajuvan regimen antrasiklin di RSUD Dr. soetomo Surabaya Tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross-sectional. Teknik sampling menggunakan total sampling dengan menggunakan data sekunder dan didapatkan sampel sebanyak 31 pasien yang memenuhi kriteria inklusi. Karakteristik yang diteliti yaitu usia, stadium/staging, jenis histopatologi, dan grading histopatologi. Subtipe yang didapat merupakan hasil IHC yang tercantum di rekam medik pasien, sistem yang digunakan untuk menilai respon patologi adalah dengan menggunakan RCB-class yang dihitung dengan kalkulator RCB. Analisa statistik hubungan menggunakan uji Chi Square dengan koefisien kontingensi. Dari penelitian ini didapatkan sampel sebanyak 31 pasien dengan usia terbanyak yaitu 50 tahun ke atas sebanyak 67,7%. Untuk stadium lokal lanjut didapatkan paling banyak adalah stadium IIIB sebanyak 80,6%. Terdapat 2 jenis histopatologi pada sampel penelitian ini yaitu Invasive Ductal Carcinoma dan Metaplastic Carcinoma dengan jenis terbanyak adalah (IDC) sebanyak 93,5%. Dan untuk grading histopatologi diapatkan paling banyak dengan High Grade (III) sebanyak 54,8%. Subtipe Molekuler yang banyak ditemukan adalah subtipe nonluminal 61,3% terutama HER2 sebanyak 48,4%. Pathologic Complete Response/RCB-0 didapatkan pada 3 pasien. Sedangkan respon patologi terbanyak adalah RCB-III/minimal response sebanyak 58,1%. Pada penelitian ini tidak didapatkan respon patologi RCB-I/marked response. Tidak terdapat hubungan antara subtype molekuler karsinoma payudara dengan respon patologi setelah kemoterapi neoajuvan. Didapatkan respon patologi RCB-III yang terbanyak di subtype HER2. Oleh karena itu perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai subitpe molekuler karsinoma payudara dengan respon patologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.PD 121/19 Maw h
Uncontrolled Keywords: subtipe molekuler, respon patologi, stadium lokal lanjut
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB621-795 Plant pathology
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Creators:
CreatorsNIM
DHIKA JANNATAL MA‘WA, NIM011611133191NIM011611133191
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Fauziah, dr., Sp. PA (K), NIDN : '0005127309UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 12 Oct 2019 02:40
Last Modified: 12 Oct 2019 02:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item