PEMANFAATAN PELAYANAN REHABILITASI MEDIS BERDASARKAN MODEL SERVICE CONVENIENCE (Studi di Poli Rehabilitasi Medis Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya)

HUSNUL KHATIMAH, 101511133010 (2019) PEMANFAATAN PELAYANAN REHABILITASI MEDIS BERDASARKAN MODEL SERVICE CONVENIENCE (Studi di Poli Rehabilitasi Medis Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FKM.219-19 Kha p abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text
FKM.219-19 Kha p daftar isi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
FKM.219-19 Kha p daftar pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.219-19 Kha p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini masyarakat semakin sadar akan kualitas atau mutu pelayanan kesehatan yang mampu memberikan kepuasan pada masyarakat itu sendiri. Masyarakat mengharapkan pelayanan kesehatan yang lebih berorientasi pada kepuasan demi memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Selama 3 tahun terakhir Poli Rehabilitasi Medis merupakan poli yang memiliki jumlah kunjungan pasien terbanyak di Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya. Pada tahun 2018, kepuasan pasien masih sangat rendah dengan angka ketidakpuasan mencapai 70%. Rendahnya ketidakpuasan pasien ini dapat disebabkan oleh faktor pasien, faktor rumah sakit, dan faktor lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik responden terhadap penilaian mereka mengenai service convenience, menganalisis penilaian responden terhadap service convenience, dan menganalisis penilaian responden terhadap kepuasan di Poli Rehabilitasi Medis Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalaha analitik yang bersifat obervasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian cross sectional. Populais dalam penelitian ini adalah semua pasien dengan mengambil sampel sebanyak 333 responden di Poli Rehabilitasi Medis Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan ke pasien. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah karakteristik responden yang meliputi umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan, dan referensi dalam memilih pelayanan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah service convenience yang meliputi decision convenience, access convenience, transaction convenience, dan benefit convenience. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh karakteristik responden dalam penilaian mereka menegenai service convenience. Penilaian responden terhadap decision convenience, transaction convenience, dan benefit convenience dinilai baik dan sangat baik untuk access convenience. Namun penilaian terkait waktu tunggu pelayanan yang termasuk transaction convenience masih dinilai buruk. Saran yang dapat diberikan adalah mempertahankan kualitas service convenience dan meningkatkan kualitas waktu tunggu pelayanan dalam aspek transaction convenience

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.219-19 Kha p
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Penilaian, Service Convenience
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
HUSNUL KHATIMAH, 101511133010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSTEFANUS SUPRIJANTO, NIDN: '0016094902UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Oct 2019 04:56
Last Modified: 15 Oct 2019 04:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89100
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item