PENERAPAN KERANGKA KERJA INFORMATION TECHNOLOGY BASED COMPETITIVE STRATEGY YANG TERINTEGRASI DENGAN KERANGKA KERJA ZACHMAN PADA KLINIK UTAMA RAWAT INAP BERSALIN KARTIKA

ADITYA PARAMANANDA, 081511633052 (2019) PENERAPAN KERANGKA KERJA INFORMATION TECHNOLOGY BASED COMPETITIVE STRATEGY YANG TERINTEGRASI DENGAN KERANGKA KERJA ZACHMAN PADA KLINIK UTAMA RAWAT INAP BERSALIN KARTIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ST.SI 34-19 Par p abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text
ST.SI 34-19 Par p daftar isi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
ST.SI 34-19 Par p daftar pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 34-19 Par p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Klinik Utama Rawat Inap Kartika merupakan perusahaan yang bergerak pada pelayanan kesehatan ibu dan anak yang bertempat di Surabaya, Jawa Timur. Selama ini, perusahaan belum memiliki atau memanfaatkan sistem informasi dalam aktivitas – aktivitas pada proses bisnis utama yaitu proses penerimaan pasien poliklinik dan rawat inap.Enterprise Architechture Planning dibutuhkan untuk membuat rancangan yang terstruktur dan terintegrasi. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan rencana arsitektur enterprise atau enterprise architecture planning untuk dapat digunakan oleh perusahaan dalam aktivitas penerimaan pasien. Pada penelitian ini, perencanaan aristektur enterprise dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja Zachmman yang terdiri dari matriks 6x6 yaitu what, where, when, who, why, dan how. Kerangka kerja Zachman memberikan klasifikasi artifak yang dimiliki oleh perusahaan saat ini yang kemudian di integrasikan dengan kerangka kerja IT-Based Competitive Strategy yang memiliki pendekatan yang memiliki tiga elemen yaitu value driver of IT implementation, competitive factor dan strategi persaingan. Dalam pengerjaannya kerangka kerja Zachman tidak memiliki fase atau metode sehingga dalam peneletian ini peneliti menggunakan metodologi Business System Planning (BSP) untuk mendapatkan artefak-artefak kerangka kerja Zachman. Pengintegrasian kerangka kerja Zachman dengan kerangka kerja IT-Based Competitive Strategy dilakukan dengan melakukan langkah-langkah BSP untuk mendapatkan artifak Zachman kemudian melakukan langkah dari IT-Based Competitive Strategy pada saat menentukan perspektif eksekutif. Konfirmasi dan evaluasi dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa cetak biru rencana arsitektur enterprise dapat diterima oleh pihak perusahaan dan dipertimbangkan untuk dapat diimplementasikan beberapa waktu ke depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 34/19 Par p
Uncontrolled Keywords: Enterprise Architecture Planning, Zachman, IT-Based Competitive Strategy, Pelayanan Kesehatan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ADITYA PARAMANANDA, 081511633052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIra Puspitasari, S.T., M.T., Ph.D., NIDN: '0027108402UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Oct 2019 10:01
Last Modified: 15 Oct 2019 10:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89155
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item