HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN TINDAKAN VAKSINASI HPV PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

FLORENTINA NOVITASARI, NIM011511233009 (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN TINDAKAN VAKSINASI HPV PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FK. BID. 78-19 Nov h abstrak.pdf

Download (20kB)
[img] Text
FK. BID. 78-19 Nov h daftar isi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
FK. BID. 78-19 Nov h daftar pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FK. BID. 78-19 Nov h.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Kanker serviks merupakan jenis kanker kedua terbanyak yang menyerang wanita di seluruh dunia setelah kanker payudara. Kanker serviks masih menjadi masalah kesehatan perempuan di Indonesia sehubungan dengan angka kejadian dan angka kematian yang tertinggi. Promosi kesehatan dari pemerintah Indonesia ini telah banyak dikeluarkan guna mengajak masyarakat untuk mengetahui cara pencegahan dan pengobatan akan kanker serviks. Vaksin sebagai suatu program pencegahan sangatlah penting karena dinegara berkembangan tidak dapat melakukan skrining terhadap kanker serviks secara luas, kurangnya akses terhadap pelayanan kesehatan menjadi penyebab hal ini. Metode: Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 124 mahasiswi yang sudah melakukan vaksinasi HPV dan yang belum melakukan vaksinasi HPV di wilayah Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Variabel independen adalah pengetahuan mahasiswi tentang kanker serviks dan vaksin HPV. Variabel dependen adalah tindakan vaksinasi HPV terhadap pencegahan kanker serviks. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan chi square (p < 0,05). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 92,5 % mahasiswi memiliki pengetahuan cukup hanya sebagain kecil yang melakukan vaksinasi HPV dan 2,4% mahasiswi yang memiliki pengetahuan kurang seluruhnya tidak melakukan vaksinasi HPV. Hasil uji chi square tidak terdapat hubungan antara pengetahuan mahasiswi dengan tindakan vaksinasi HPV (p=0,803). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan tindakan vaksinasi HPV pada mahasiswi Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID. 78-19 Nov h
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kanker serviks, Vaksinasi HPV
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
FLORENTINA NOVITASARI, NIM011511233009NIM011511233009
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwiyanti Puspitasari, NIDN: '0016107404UNSPECIFIED
Thesis advisorDwi PurwantiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Oct 2019 01:19
Last Modified: 18 Oct 2019 01:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89357
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item