SLIPS OF THE EAR EXPERIENCED BY INDONESIAN CHILDREN AGED 4 TO 6 YEARS IN A QUIET SITUATION

ANNISA RADISTA WARDHANI, 121511233084 (2019) SLIPS OF THE EAR EXPERIENCED BY INDONESIAN CHILDREN AGED 4 TO 6 YEARS IN A QUIET SITUATION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS BE 95 19 War s.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Slips of the Ear atau fenomena keliru dengar dapat dianggap sebagai sebuah fenomena yang mungkin terjadi karena pendengar gagal memahami ucapan yang dimaksudkan dalam sebuah percakapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi jenis dan jenis yang paling sering muncul dalam situasi tenang berdasarkan klasifikasi Bond tentang Slips of the Ear (2005). Partisipan penelitian terdiri dari 30 anak Indonesia usia 4, 5, dan 6 yang terdaftar di Posyandu Matahari. Desain pra eksperimental digunakan dengan memberikan sebuah tes pendengaran kepada anak-anak sebelum mereka diminta untuk mengulangi ucapan berdasarkan rekaman yang mereka dengarkan. Studi ini menunjukkan bahwa ada 101 jawaban salah yang dikategorikan ke dalam 12 jenis Slips of the Ear pada kelompok anak usia 6 tahun, yaitu vowel misperception, consonant misperception, segment order, phonological reduction, language varieties, nonwords, content and function words, morphological error, well-formed and ill-formed utterances, constituents, argument structure and function, dan semantical misperception, dan 11 jenis Slips of the Ear yang sama kecuali segment order pada kelompok anak usia 4 tahun dan kecuali vowel misperception pada kelompok anak usia 5 tahun. Dari studi ini, dapat dilihat bahwa tipe yang paling sering terjadi adalah content and function words sebesar 19,29%. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa keliru dengar muncul dalam situasi tenang yang dialami oleh anak-anak dimana mereka cenderung memahami kata-kata yang tidak mereka kenal berdasarkan penggunaan pengetahuan linguistic yang dimiliki setiap anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BE 95/19 War s
Uncontrolled Keywords: anak-anak, keliru dengar, situasi tenang.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
ANNISA RADISTA WARDHANI, 121511233084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMasitha Achmad Syukri, M.Hum, NIDN : '0022127005UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Oct 2019 02:13
Last Modified: 19 Oct 2019 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89441
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item