PENERAPAN PELAYANAN KESEHATAN KERJA DAN PEMANFAATANNYA DI PT PAL INDONESIA (PERSERO) (Studi pada departemen perencanaan dan pengendalian divisi pemeliharaan dan perbaikan)

NIRA NABILA NUR AFIFAH, 151611713003 (2019) PENERAPAN PELAYANAN KESEHATAN KERJA DAN PEMANFAATANNYA DI PT PAL INDONESIA (PERSERO) (Studi pada departemen perencanaan dan pengendalian divisi pemeliharaan dan perbaikan). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV. HKK. 35-19 Afi p abstrak.pdf

Download (16kB)
[img] Text
FV. HKK. 35-19 Afi p daftar isi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
FV. HKK. 35-19 Afi p daftar pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV. HKK. 35-19 Afi p.pdf
Restricted to Registered users only until 21 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan merupakan modal utama tenaga kerja untuk beraktifitas secara maksimal pada saat bekerja. Kesehatan kerja yang optimal dapat meningkatkan produktifitas kerja. Dalam upaya pemeliharaan dan meningkatkan kesehatan, penyelenggaraan pelayanan kesehatan kerja di perusahaan sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari penerapan pelayanan kesehatan kerja dan pemanfaatannya pada departemen pengendalian dan perencanaan PT. PAL INDONESIA (PERSERO). Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif. Subjek penelitian adalah semua tenaga kerja yang bekerja di departemen pengendalian dan perencanaan PT. PAL INDONESIA (PERSERO) divisi pemeliharaan dan perbaikan yang berjumlah 18 orang. Objek penelitian ini adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan tenaga kerja dan program pelayanan kesehatan kerja. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April - Mei 2019. Variabel yang diteliti meliputi pelayanan kesehatan kerja ( penyelenggaraan pelayanan kesehatan kerja dan program pelayanan kesehatan kerja), pemanfaatan pelayanan kesehatan kerja (perilaku tenaga kerja, kenyamanan tenaga kerja, dan kepuasan tenaga kerja terhadap pelayanan kesehatan yang disediakan oleh perusahaan). Penelitian ini merujuk pada Kepdirejn Binwasnaker No. 22 tahun 2008 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pelayanan kesehatan kerja di PT PAL INDONESIA (PERSERO) masuk dalam kategori sangat baik yaitu 86,7 %. Program pelayanan kesehatan kerja yang telah dilaksanakan meliputi program pelayanan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan masuk dalam kategori sangat baik yaitu 83,3 %. Dalam hal perilaku memanfaatkan pelayanan kesehatan yang sebanyak 100 % responden memanfaatkan pelayanan kesehatan yang disediakan oleh perusahaan. Dalam hal kenyamanan dan kepuasan sebanyak 100 % tresponden merasa nyaman terhadap pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh PT PAL INDONESIA (PERSERO). Perusahaan disarankan memperbaiki hal- hal yang tidak sesuai dengan kriteria dan meningkatkan program kerja yang ada di PT PAL INDONESIA (PERSERO).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK 35/19 Afi p
Uncontrolled Keywords: Pelayanan kesehatan, tenaga kerja, pemanfaatan pelayanan kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
NIRA NABILA NUR AFIFAH, 151611713003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih Damayanti, S.KM.M.Kes, NIDN:'0019118802UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:48
Last Modified: 21 Oct 2019 04:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89591
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item