GAMBARAN LINGKUNGAN RUMAH PASIEN RELAPS TUBERKULOSIS (TB) PARU DI RUANG RAWAT INAP KEMUNING RSUD Dr. SOEGIRI LAMONGAN LAMONGAN

BAYU CANDRA IRAWAN, 151611913021 (2019) GAMBARAN LINGKUNGAN RUMAH PASIEN RELAPS TUBERKULOSIS (TB) PARU DI RUANG RAWAT INAP KEMUNING RSUD Dr. SOEGIRI LAMONGAN LAMONGAN. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FV KP 50 19 Ira g.pdf

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FV KP 50 19 Ira g.pdf

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FV KP 50 19 Ira g.pdf

Download (35kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV KP 50 19 Ira g.pdf
Restricted to Registered users only until 21 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular langsung yang dapat menyerang berbagai organ atau jaringan tubuh disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Kondisi rumah dapat menjadi salah satu faktor resiko penularan penyakit TB. Atap, dinding dan lantai dapat menjadi tempat perkembang biakan kuman. Lantai dan dinding yang sulit dibersihkan akan menyebabkan penumpukan debu, sehingga akan dijadikan sebagai media yang baik bagi berkembangbiaknya kuman Mycobacterium tuberculosis.Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Gambaran Lingkungan Rumah pada pasien Relaps Tuberkulosis di Ruang Rawat Inap Kemuning RSUD Dr. Soegiri Lamongan. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pasien Tuberkulosis yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang diambil dengan menggunakan metode consecutive sampling. Data diambil dengan menggunakan kuisioner Penilaian rumah. Hasil penelitian menunjukkan usia responden penelitian yang paling banyak adalah 46-65 tahun. Tingkat Pendidikan paling banyak SMA, pekerjaan paling banyak buruh, Penilain Lingkungan Rumah pasien Tuberkulosis sebagian besar rumah tidak sehat.Upaya untuk mencegah kejadian tuberculosis adalah dengan cara pengetahuan sikap . Pengetahuan dan sikap mengenai kesehatan akan berpengaruh terhadap perilaku hidup sehat atau hygiene sebagai hasil jangka panjang dari pendidikan kesehatan, hal itu dikarenakan dari pengetahuan dan sikap itulah akan tercipta upaya pencegahan terhadap terjadinya ataupun kekambuhan suatu penyakit.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV KP 50/19 Ira g
Uncontrolled Keywords: Tuberculosis, Lingkungan Rumah
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
BAYU CANDRA IRAWAN, 151611913021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCucuk Rahmadi S, Kp.,Ns, M. Kes, 196802151992031011UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 21 Oct 2019 08:16
Last Modified: 21 Oct 2019 08:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89632
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item