IDENTIFIKASI BAKTERI Escherichia coli dan Salmonella sp. PADA IKAN MAKAREL BEKU DI BALAI KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN SURABAYA II

EDEIT TYA LISTIANTO, 141611233025 (2019) IDENTIFIKASI BAKTERI Escherichia coli dan Salmonella sp. PADA IKAN MAKAREL BEKU DI BALAI KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN SURABAYA II. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text
KKC KK PKL.PK.THP.17-19 Lis i ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
KKC KK PKL.PK.THP.17-19 Lis i DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
KKC KK PKL.PK.THP.17-19 Lis i DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PKL.PK.THP.17-19 Lis i FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 18 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan makarel (Scomber japonicus) adalah salah satu bahan pangan dari produk perikanan yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia. Bahan pangan tersebut menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi sebagai sumber protein hewani selain daging, susu, dan telur. Kandungan nutrisi yang dimiliki ikan makarel sangat baik bagi manusia, tetapi juga menjadi media yang baik bagi pertumbuhan mikroorganisme. Kontaminasi mikroba pada ikan makarel menjadi masalah serius yang disebabkan beberapat bakteri patogen yaitu Escherichia coli dan Salmonella sp. yang menyebabkan penyakit perut (diare). Oleh karena itu perlu pengawasan dan pencegahan dari pemerintah guna menjamin bahan pangan yang sehat dan layak dikonsumsi. Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan di Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan ( Balai KIPM) Surabaya II, Kabupaten Sidoarjo - Jawa Timur pada tanggal 17 Desember 2018 - 31 Januari 2019. Pada PKL ini menguunakan metode deskriptif dengan pengambilan data primer dan sekunder dengan cara partisipasi aktif, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil praktek kerja lapang yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa pengujian bakteri Escherichia coli dimulai dengan preparasi sampel, uji pendugaan, uji penegasan, dan uji IMViC. Sedangkan pengujian bakteri Salmonella yaitu diawali dengan preparasi sampel, pra pengkayaan, pengkayaan, isolasi, dan uji biokimia. Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bakteri yang mengkontaminasi produk makarel bukan dari golongan Escherichia coli dan Salmonella sp. Hal tersebut dikarenakan sampel uji menunjukkan reaksi negatif pada media selektif maupun pada uji biokimia.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.THP.17/19 Lis i
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
EDEIT TYA LISTIANTO, 141611233025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Yuli Pujiastuti, 0023079203UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:52
Last Modified: 18 Nov 2019 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89691
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item