Pelaksanaan Sistem Pengawasan Petugas Parkir dalam Rangka Peningkatan PAD di Kota Surabaya

Dita Risdianah, 071511133015 (2019) Pelaksanaan Sistem Pengawasan Petugas Parkir dalam Rangka Peningkatan PAD di Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 42-19 Ris p abstrak.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Fis. AN. 42-19 Ris p daftar isi.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Fis. AN. 42-19 Ris p daftar pustaka.pdf

Download (258kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 42-19 Ris p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelaksanaan sistem pengawasan petugas parkir masih perlu di lakukan oleh Pemerintah Daerah sehingga kegiatan perparkiran dapat berkontribusi secara maksimal terhadap peningkatan pendapatan asli daerah Kota Surabaya. Akan tetapi dalam kenyataannya masih terdapat masalah dalam hal kegiatan perparkiran khususnya dalam retribusi parkir di tepi jalan umum. Hal ini di karenakan masih terdapat penarikan retribusi parkir yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku dan penggunaan karcis yang tidak sekali pakai. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan mengenai pelaksanaan sistem pengawasan petugas parkir dalam rangka peningkatan PAD di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data di dalam penelitian ini adalah narasumber dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya yang berjumlah dua orang dan pihak lainnya di luar organisasi yaitu petugas parkir yang berjumlah lima orang dan pengguna jasa parkir yang berjumlah lima orang dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu perda no.3 tahun 2018 tentang penyelenggaraan perparkiran di Kota Surabaya dan perwali no.29 tahun 2018 tentang perubahan tarif retribusi parkir pelayanan parkir di tepi jalan umum. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara terstruktur yang mengacu pada pedoman wawancara dengan waktu selama dua jam melakukan wawancara dengan pihak dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan melakukan wawancara selama 10 menit dengan para petugas parkir dan pengguna jasa parkir dan melakukan dokumentasi setelah melakukan wawancara. Dan dalam teknik penentuan infroman di lakukan dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya terhadap petugas parkir tidak sesuai dengan SOP yang berlaku sehingga pengwasan yang dilakukan tidak berjalan dengan tujuan yang telah di tetapkan. Komponen lainnya yang menyebabkan pengawasan tidak berjalan secara maksimal ialah hal ini minimnya jumlah pegawai dalam hal melakukan pengawasan parkir di tepi jalan umum dan tidak sesuai dengan jumlah lokasi titik parkir yang tersebar di Kota Surabaya, sumber daya keuangan dan kelengkapan sarana dan prasaran yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya belum mencukupi kebutuhan pengawasan dan jadwal pelaksanaan pengawasan sudah terjadwal akan tetapi dalam pelaksanaannya petugas pengawasan petugas parkir di tepi jalan umum tidak berfokus pada satu tugas tetapi juga mempunyai tugas-tugas yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 42/19 Ris p
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Pendapatan Asli Daerah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG8901-8914 Government policy. State supervision
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Dita Risdianah, 071511133015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, NIDN0026026306UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:51
Last Modified: 18 Dec 2019 03:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item