TEKNIK PEMBENIHAN IKAN NILA SRIKANDI (Oreochromis aureus x Oreochromis niloticus) DI BALAI RISET DAN PEMULIAAN IKAN SUKAMANDI, KECAMATAN PATOKBEUSI, KABUPATEN SUBANG, JAWA BARAT

MUHAMMAD AL-GHIFFARI ALALLAH, 141511133150 (2019) TEKNIK PEMBENIHAN IKAN NILA SRIKANDI (Oreochromis aureus x Oreochromis niloticus) DI BALAI RISET DAN PEMULIAAN IKAN SUKAMANDI, KECAMATAN PATOKBEUSI, KABUPATEN SUBANG, JAWA BARAT. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PKL.PK.BP.98-19 Ala t ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK PKL.PK.BP.98-19 Ala t DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK PKL.PK.BP.98-19 Ala t DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PKL.PK.BP.98-19 Ala t FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila Srikandi (Oreochromis aureus x Oreochromis niloticus) adalah salah satu jenis ikan yang dapat dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan toleran terhadap salinitas yang tinggi. Ketersediaan benih yang masih terbatas tidak sebanding dengan permintaan, merupakan salah satu kendala dalam usaha budidaya. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan mengenai teknik pembenihan ikan Nila Srikandi. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Riset dan Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi pada tanggal 18 Desember 2017 – 18 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan partisipasi aktif. Sedangkan pengambilan data sekunder diperoleh dari hasil riset, dokumentasi atau pustaka akademis yang berkaitan dengan kegiatan teknik pembenihan ikan Nila Srikandi. Pembenihan ikan Nila Srikandi merupakan salah satu kegiatan usaha di BRPI. Kegiatan pembenihan dan budidaya yang perlu diperhatikan, meliputi: persiapan kolam, seleksi induk, pemijahan induk, penetasan telur, pemeliharaan benih, pengelolahan kualitas air, hama dan penyakit, dan panen. Permasalahan yang timbul dalam pembenihan ikan Nila Srikandi di Balai Riset dan Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi seperti hama yang terdapat di kolam benih yaitu eceng gondok.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.98/19 Ala t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD AL-GHIFFARI ALALLAH, 141511133150UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdriana Monica SahiduUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Oct 2019 05:42
Last Modified: 22 Oct 2019 05:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89705
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item