TEKNIK PEMBESARAN IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus-lanceloatus) PADA KERAMBA JARING APUNG DI UPT PENGEMBANGAN BUDIDAYA LAUT (PBL) SITUBONDO, JAWA TIMUR

MUHAMMAD AR ROZZAAQ NUGRAHA, 141611133023 (2019) TEKNIK PEMBESARAN IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus-lanceloatus) PADA KERAMBA JARING APUNG DI UPT PENGEMBANGAN BUDIDAYA LAUT (PBL) SITUBONDO, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PKL.PK.BP,94-19 Nug t ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK PKL.PK.BP,94-19 Nug t DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK PKL.PK.BP,94-19 Nug t DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PKL.PK.BP,94-19 Nug t FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kerapu (Epinephelus sp.) merupakan salah satu komoditas perikanan yang memiliki peluang baik di pasar domestik maupun pasar internasional karena nilai jualnya yang cukup tinggi serta memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tujuan dari praktek kerja lapang ini adalah untuk mengetahui teknik pembesaran ikan kerapu cantang pada keramba jaring apung serta mengetahui beberapa permasalahan yang dihadapi dalam usaha pembesaran ikan kerapu cantang. Praktek kerja lapang ini dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2018 – 17 Januari 2019 di UPT Pengembangan Budidaya Laut (PBL) Situbondo, Jawa Timur. Data yang terkumpul terdiri atas data primer dan sekunder. Data primer meliputi kualitas air, laju pertumbuhan spesifik, sintasan, rasio konversi pakan, kecepatan pertumbuhan, efisiensi pemanfaatan pakan serta hama dan penyakit ikan. Data sekunder diperoleh dari jurnal, tesis, buku, dokumentasi lembaga dan sumber lainnya yang berhubungan dengan teknik pembesaran ikan kerapu cantang pada keramba jaring apung (KJA). Hal yang perlu diperhatikan selama proses pembesaran ikan kerapu cantang antara lain lokasi KJA, persiapan dan pemasangan jaring, pemasangan pemberat, seleksi dan penebaran benih, teknik pemberian pakan, pengamatan kualitas air, penyeragaman ukuran (grading), perawatan KJA. Permasalahan selama proses pembesaran ikan kerapu cantang yakni adanya hama dan penyakit serta kanibalisme yang dapat menyebabkan kematian pada ikan yang dipelihara apabila tidak ditangani dengan benar.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.94/19 Nug t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD AR ROZZAAQ NUGRAHA, 141611133023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRozi, 0001038604UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:45
Last Modified: 22 Oct 2019 07:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89722
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item