EFEKTIVITAS TRANSPORTASI UMUM DALAM RANGKA MENDUKUNG MINAT MASYARAKAT BERALIH PADA TRANSPORTASI UMUM DI KOTA SURABAYA (Studi Kasus Pada Suroboyo Bus dan Bus Mayapada)

Lulu Dinda Nariyah, 071511133009 (2019) EFEKTIVITAS TRANSPORTASI UMUM DALAM RANGKA MENDUKUNG MINAT MASYARAKAT BERALIH PADA TRANSPORTASI UMUM DI KOTA SURABAYA (Studi Kasus Pada Suroboyo Bus dan Bus Mayapada). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 80-19 Nar e abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Fis. AN. 80-19 Nar e daftar isi.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Fis. AN. 80-19 Nar e daftar pustaka.pdf

Download (62kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 80-19 Nar e.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kota Surabaya merupakan ibukota Jawa Timur yang menduduki peringkat ke-4 sebagai kota termacet di Indonesia. Kemacetan di Kota Surabaya disebabkan oleh jumlah pengguna kendaraan pribadi yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Tidak heran jika ruas jalan di kota Surabaya menjadi penuh dan sesak. Minat masyarakat untuk beralih pada transportasi umum sangatlah rendah, karena persepsi lama yang melekat pada ingatan masyarakat mengenai kondisi kelayakan angkutan umum. Dengan adanya hal tersebut, Pemerintah Kota Surabaya bersama Dinas Perhubungan Kota Surabaya meluncurkan angkutan umum berbasis Bus Rapid Transit (BRT) yang disebut Suroboyo Bus dan Bus Mayapada. Kedua jenis bus tersebut dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan memiliki mekanisme pembayaran berupa sampah plastik kemasan minuman, sehingga diluncurkannya bus tersebut dalam rangka untuk menarik minat masyarakat agar beralih pada angkutan umum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, yang dimaksudkan untuk dapat mengetahui secara faktual dan rinci mengenai fakta-fakta hubungan antara fenomena yang sedang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk memperkuat data. penelitian ini dilakukan di Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Terminal Purabaya, dan di dalam bus berbayar sampah di kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan transportasi umum berbayar sampah dalam rangka mendukung minat masyarakat untuk beralih pada transportasi umum di kota Surabaya telah berjalan dengan baik dan lancar. Namun terdapat satu indikator efektivitas pelayanan yang belum terpenuhi, yaitu indikator ketepatan waktu. Belum dapat terpenuhinya indikator tersebut dapat mempengaruhi minat efektivitas dan minat masyarakat dalam menggunakan pelayanan angkutan umum tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 80/19 Nar e
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pelayanan Bus Berbayar Sampah, Minat Masyarakat Beralih Pada Transportasi Umum, Bus Rapid Transit (BRT).
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K4011-4343 Transportation and communication
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Lulu Dinda Nariyah, 071511133009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Bintoro Wardiyanto Drs, M.Si, NIDN: '0024126104UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Oct 2019 06:51
Last Modified: 18 Dec 2019 04:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89848
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item